Breaking News:

Berita Aceh Barat

Anak-anak SLB Meulaboh Butuh Perhatian Pemerintah

SLB Rahmatillah di Cot Seumeureung masih membutuhkan perhatian sebab selama ini masih tertutup dari akses informasi.

Penulis: Sa'dul Bahri | Editor: Taufik Hidayat
Serambinews.com
Para anak didik di SLB Cot Seumeureung, Kecamatan Samatiga, Aceh Barat belajar menyikat gigi bersama pada acara kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh Mahasiswa STIKes, Kamis (25/11/2021) 

Laporan Sa'dul Bahri | Aceh Barat

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH – Sekolah Luar Biasa (SLB), Rahmatillah di Cot Seumeureung, Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat butuh perhatian pemerintah dan semua pihak terkait lainnya, baik sarana dan penunjang lainnya.

Sementara anak anak didik di sekolah tersebut masing-masing seperti anak yang mengalami gangguan pendengaran, tunalaras, tunadaksa, tunagrahita dan tunarungu.

Sedangkan jumlah siswa di SLB tersebut saat ini mencapai 58 orang, masing-masing TK 1 orang, SD 41, SMP 7 dan tingkat SMA sebanyak 10 orang.

“SLB Rahmatillah di Cot Seumeureung masih membutuhkan perhatian kita semua, sebab selama ini masih tertutup dari akses informasi terhadap keberadaan SLB Swasta di Aceh Barat saat ini,” kata Dosen STIKes Medical Seramoe Barat, Alfi Syahri kepada Serambinews.com, Kamis (25/11/2021).

Di sekolah tersebut para dewan guru mendidik para anak-anak yang mengalami keterbatasan mental dan hal lainnya.

Para mahasiswa dari keperawatan dan kebidanan STIKes dalam pengabdian tersebut menjahari para anak-anak untuk menyikat gigi yang benar dimana sebagian ikut ceria dan sebagian takut lantaran kondisi mental yang dialami oleh anak-anak tersebut.

Disebutkan, bahwa pihak STIKes Medical Seramoe Barat ikut memberikan penyuluhan edukasi kepada anak-anak yang mengalami keterbatasan di SLB Rahmatillah, dalam hal menjaga kebugaran jasmani sebagai bentuk pengabdian masyarakat.

Penyuluhan kebugaran jasmani di SLB Cot Seumeureung dilakukan supaya para anak-anak tersebut nanti bisa mendapatkan pemahaman yang baik dan benar, meski hal itu agak sulit karena kondisi para siswanya yang mengalami keterbatasan mental, namun hal itu tetap dilakukan untuk membiasakan menjaga kebersihan diri.

Baca juga: Longsor di Badan Jalan Dibersihkan, Guru dan Siswa di Pantan Kemuning Bener Meriah Bisa Sekolah Lagi

Baca juga: Dinas Perpustakaan dan Arsip Aceh Barat Sosialisasi TPBIS untuk Penguatan Perpustakaan Umum

Ketua BEM STIKes Medical Seramoe Barat, Rauzatul Wardah menyebutkan, dalam rangka pengabdian masyarakat ini perlu ada perhatian kepada anak-anak yang mengalami keterbatasan untuk diberikan edukasi dalam menjaga kesehatan jasmani anak yang dilakukan setiap tahunnya.

Sementara pengabdian masyarakat tersebut baru perdana di lakukan si SLB tersebut, sehingga kedepan akan ada pihak lainnya yang bisa memperhatikan kebutuhan di sekolah luar biasa itu.

Sementara Wakil Kepala SLB Rahmatillah Cot Seumeureung, Cut Rahmayulis mengatakan, bahwa sejumlah anak-anak berkebutuhan khusus yang didik di SLB Cot Seumeureung saat ini diantaranya anak yang memiliki gangguan pada daya pendengarannya baik sebagian atau keseluruhan, sehingga menyebabkan kurangnya kemampuan untuk melakukan komunikasi secara verbal.

Baca juga: VIDEO Viral Rumah Mewah Senilai Rp 3 Miliar Ambruk, Pemilik Sempat Dengar Suara Aneh di Pondasi

Selain itu ada juga anak tunalaras, yaitu anak yang memiliki kesulitan ketika menyesuaikan diri, sehingga berperilaku  yang tidak sesuai dengan aturan dan norma yang berlaku di lingkungannya.

Berikut tunadaksa, anak yang memiliki kelainan atau cacat permanen pada bagian sistem gerak tubuh meliputi otot, sendi, tulang. Dan anak tunagrahita (down syndrome), anak yang memiliki dan mengalami hambatan serta keterbelakangan mental yang jauh dari rata-rata (IQ berada di bawah 70), dan tuna rungu yaitu bisu.

“Kita berharap ke depan adanya kolaborasi dengan pemerintah daerah, sehingga setiap ada kegiatan dapat melibatkan sekolah kita ini, sehingga kami para guru beserta siswa semakin termotivasi untuk mendapatkan pengetahuan,” harapnya. Cut Rahmayulis.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved