Breaking News:

Perkuat Ilmu Agama Warga Binaan, Lapas Kelas IIB Bireuen Gelar Lomba Azan dan Tahfiz

Humas Lapas Kelas IIB Bireuen, Irwan Sukmana kepada Serambi, Rabu (24/11/2021) mengatakan, para peserta yang mengikuti lomba merupakan perwakilan

Editor: bakri
Dok Humas Lapas
Warga binaan Lapas Kelas IIB Bireuen, Selasa (23/11/2021) mengikuti lomba azan dan tahfidz di di masjid Al-Insaf Lapas Kelas IIB Bireuen. Dok Humas Lapas 

Warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Bireuen, Selasa (23/11/2021) mengikuti lomba azan dan Tahfiz. Kegiatan itu digelar jajaran  Lapas yang berlangsung di Masjid Al-Insaf Lapas.

Humas Lapas Kelas IIB Bireuen, Irwan Sukmana kepada Serambi, Rabu (24/11/2021) mengatakan, para peserta yang mengikuti lomba merupakan perwakilan terbaik dari setiap kamar hunian.

Mereka selama ini aktif mengikuti program pembinaan keagamaan setiap minggunya.

Para peserta terdiri atas 40 orang ikut lomba azan dan 20 orang peserta untuk Tahfiz Alquran. Perlombaan itu dilaksanakan selama 4 hari sejak 23-30 November 2021.

Baca juga: Mantan Keuchik Reusep Ara Ditahan di Lapas Kelas IIB Bireuen, Tersangka Korupsi Dana Desa Tahun 2018

Kegiatan tersebut dibuka Kalapas Bireuen, Abas Ruchandar didampingi para pejabat struktural di Mushalla Al-Insaf Lapas setempat.

Dalam sambutannya,  Abas Ruchandar mengatakan kegiatan ini sebagai tolak ukur keberhasilan pembinaan keagamaan, serta apresiasi bagi warga binaan yang telah aktif mengikuti pembinaan selama ini.

Dalam perlombaan ini, kata Abas, bukan untuk melihat siapa pemenang atau kalah, melainkan sikap mengamalkan ilmu yang telah didapat.

Jajaran Lapas Kelas IIB Bireuen melakukan rapat koordinasi dengan aparat penegak hukum diantaranya dengan Polres Bireuen.
Jajaran Lapas Kelas IIB Bireuen melakukan rapat koordinasi dengan aparat penegak hukum diantaranya dengan Polres Bireuen. (Dok Lapas Bireuen)

"Selain itu sebagai ajang mempererat tali silaturahmi antar warga binaan dan petugas," terangnya.

Kasubsi Bimbingan Kemasyarakatan, Hisrijal yang juga selaku Koordinator kegiatan menambahkan, untuk lomba tahfiz ada 3 aspek yang dinilai yaitu tajwid, kelancaran hafalan, serta kemampuan sambung ayat.

Sementara untuk lomba azan ada 3 aspek, yakni makhraj, irama, dan adab. Penilaian itu sendiri dilakukan oleh dewan juri yang berasal dari Kantor Kementerian Agama, Bireuen.

Para pegawai Lapas Kelas IIB Bireuen memperingati Hari Pahlawan di halaman Lapas Bireuen, Rabu (10/11/2021).
Para pegawai Lapas Kelas IIB Bireuen memperingati Hari Pahlawan di halaman Lapas Bireuen, Rabu (10/11/2021). (Dok Humas Lapas)

Hisrijal juga menerangkan, kegiatan yang dilaksanakan tetap mematuhi protokol kesehatan demi menekan penyebaran virus covid-19.(yus)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved