Breaking News:

Berita Banda Aceh

UIN Ar-Raniry Banda Aceh Juara Umum OASE PTKI 2021

UIN Ar-Raniry Banda Aceh berhasil keluar sebagai juara umum pada Olimpiade Agama, Sains, dan Riset (OASE) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI)

Penulis: Muhammad Nasir | Editor: Muhammad Hadi
FOR SERAMBINEWS.COM
Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh berhasil keluar sebagai juara umum pada Olimpiade Agama, Sains, dan Riset (OASE) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Tahun 2021 

Laporan Muhammad Nasir I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh berhasil keluar sebagai juara umum pada Olimpiade Agama, Sains, dan Riset (OASE) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Tahun 2021.

Pada ajang tersebut, UIN Ar-Raniry Banda Aceh berhasil memperoleh 7 Medali Emas, 7 Medali Perak dan 4 Perunggu.

Sementara untuk juara umum kedua diraih UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan raihan 4 Medali Emas, 4 Medali Perak dan 2 Medali Perunggu.

Sedangkan juara umum ketiga berhasil diraih oleh UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan 2 Medali Emas, 2 Medali Perak dan 1 Medali Perunggu.

Baca juga: Guru Besar UIN Ar-Raniry Banda Aceh Isi Tausiah di Pidie, Ini Beberapa Pesan Penting 

Pada OASE PTKI I tahun ini, dari 23 cabang yang diperlombakan, kontingen UIN Ar-Raniry Banda Aceh mampu meloloskan 52 orang kontigen ke babak final yang berlangsung secara luring dikampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh mulai tanggal 25-27 November 2021.

"Selamat kepada pada pemenang, semoga kemenangan yang diraih pada kompetisi kali ini menjadi pengobar semangat dan dorongan untuk lebih meningkatkan daya saing diri masing-masing," ujar Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama, Muhammad Ali Ramdhani, Sabtu (28/11/2021) malam di Tribun Utama Lapangan Mini UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Lebih lanjut, Ali Ramdhani menambahkan bahwa yang belum menang dan berhasil menjadi yang terbaik untuk menjadikan momen ini sebagai pengalaman.

"Kegagalan kali ini sebagai guru yang berharga untuk kemenangan pada kompetisi berikutnya, Semoga OASE melahirkan bibit-bibit unggul dan sang juara di dalam olah pikir di bidang agama, sains dan riset," katanya.

Sementara itu, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Kemenag RI, Suyitno mengatakan OASE PTKI se-Indonesia tahun ini boleh saja berakhir.

Baca juga: Semen Langka di Gayo Lues, Stok di Toko Nyaris Kosong, Ini Dugaan Penyebabnya

Tapi pengabdian terhadap inovasi dan karya ilmiah dengan semangat integrasi agama-sains akan terus berlanjut hingga tidak ada lagi dikotomi antara Agama dan Sains.

"Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas dan keadilan.

Kompetisi ini juga merupakan ajang ilmiah bagi mahasiswa lingkup PTKI Negeri dan Swasta, sehingga mahasiswa dapat berkreasi dan mengembangkan seluruh aspek dan wawasan terkait kemampuan konsep dan keterampilan kerja inovatif bidang ilmu," kata Suyitno.

Baca juga: Belasan Rumah, Mobil dan Sepmor Terbakar di Lhokseumawe

 Sementara itu, Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Warul Walidin mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Agama RI yang telah berkenan mempercayakan UIN Ar-Raniry Banda Aceh sebagai tuan rumah penyelenggaraan OASE PTKI Pertama tahun 2021 ini.

"Selamat para sang jawara, para generasi pemegang estafet bangsa, kaum intelektual milenial yang membanggakan, yang telah keluar sebagai juara melalui perjuangan yang penuh energik dengan mengorbankan semangat milenialnya," kata Warul Walidin diakhir sambutannya, Sabtu (27/11) malam. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved