Breaking News:

Haba Kampus

Fisip Umuslim Jalin Kerjasama dengan Fisipol USK

Kedua fakultas berkomitmen untuk bekerja sama mengembangkan inovasi pemerintahan melalui pendidikan,....

Penulis: Yusmandin Idris | Editor: Taufik Hidayat
Dok Umuslim
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Universitas Al Muslim (Umuslim) Peusangan Bireuen jalin kerjasama dengan Fisipol USK. Kerjasama Kamis (02/12/2021) di USK Banda Aceh. 

Laporan Yusmandin Idris | Bireuen 

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN - Dalam rangka membangun jaringan antar universitas untuk inovasi pemerintahan, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik  (Fisip) Universitas Al Muslim ( Umuslim) Peusangan Bireuen jalin kerjasama dengan Fisipol USK.

Kerjasama diawali, Kamis (02/12/2021) dengan menandatangani  Memorandum of Agreement (MoA) antara keduanya.

Dekan Fisip Umuskim, Rahmad S Sos MAP  kepada Serambinews.com, Jumat (3/12/2021) mengatakan, kedua fakultas yang melakukan perjanjian berkomitmen untuk memperluas kerjasama dalam rangka mengembangkan inovasi pemerintahan melalui pendidikan, penelitian, publikasi serta advokasi. Komitmen tersebut dituangkan dalam MoA yang ditandatangani oleh kedua belah pihak.

Ditambahkan, kerja sama antar universitas dalam dan luar negeri serta mitra dari pemerintah dan swasta adalah wajib dilakukan untuk menyukseskan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicetuskan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  Kemdikbud). Bahkan para dosen saat ini diminta untuk aktif bekerja dan berkontribusi di luar kampus. Artinya,  para dosen harus mampu menyalurkan keahliannya langsung ke dunia kerja dan masyarakat, tegasnya. 

Baca juga: KKB Papua Serang Pos TNI di Yahukimo, Dua Anggota TNI AD Tertembak, Serda Putra Rahaldi Gugur

Baca juga: Sutradara Film Radio Rimba Raya Bicara dalam Webinar Kesejarahan

Menurutnya, apabila sebelumnya dosen dibatasi untuk beraktivitas di luar kampus, sekarang malah sebaliknya. Kebijakan tersebut  berdasarkan anjuran dari Kemdikbud, khususnya kepada perguruan tinggi.

“Kerjasama juga sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat yang menginginkan adanya pertukaran mahasiswa dan dosen antar universitas dalam rangka Tridarma Perguruan Tinggi,” sebutnya. 

Dekan Fisip  Umuslim menambahkan,  Umuslim terus berusaha untuk mendapatkan nilai yang maksimal dalam bidang kerja sama. Nilai tersebut adalah bagian dari Indikator Kinerja Utama (IKU) yang wajib dilaksanakan oleh semua kampus.

“Sejauh ini FISIP Umuslim sudah melakukan pertukaran mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional dengan National Gakuin University Jepang yang sudah berjalan selama satu tahun,” kata Rahmad.

Sejak beberapa waktu lalu, semua PT harus saling berpartisipasi dan koloboratif untuk menjalin kerja sama dalam berbagai bidang.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved