Breaking News:

Wakili Indonesia ke MTQ Internasional Iran

TANPA melalui proses seleksi, pihak panitia di Jakarta menunjuk langsung Abdul Haris untuk mewakili Indonesia

Editor: hasyim
FOTO IST
Juara Audisi Hafizh Termuda Aceh, Abdul Haris, didampingi gurunya, Ustaz Alvin dari Ma’had Darut Tahfizh Al Ikhlas Ajun, saat mengikuti MTQ Internasional Iran mewakili Indonesia, yang dilaksanakan secara virtual, Sabtu (11/12/2021). 

Abdul Haris, Juara Audisi Hafiz Termuda Aceh

Abdul Haris dipercayakan menjadi wakil Indonesia untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional di Iran. Santri Ma'had Darut Tahfizh Al Ikhlas Ajun ini ditunjuk langsung oleh perwakilan panitia di Jakarta tanpa perlu lagi melalui proses seleksi.

TANPA melalui proses seleksi, pihak panitia di Jakarta menunjuk langsung Abdul Haris untuk mewakili Indonesia pada kompetisi akbar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) internasional di Iran.

Penunjukan itu tak terlepas dari prestasi yang diraih Abdul Haris sebagai Juara 1 Audisi Hafiz Termuda Aceh yang dilaksanakan pada Agustus kemarin, kerja sama Forum Ukhuwwah Qari dan Hafiz Aceh (FUQAHA) dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Aceh.

Ketua FUQAHA, T Mardhatillah SHI MH kepada Serambi dalam keterangan tertulisnya mengatakan, Abdul Haris dipercayakan menjadi wakil Indonesia untuk mengikuti MTQ Internasional di Iran cabang tahfiz 30 juz, yang dilaksanakan secara virtual dari tanggal 10-12 Desember 2021.

Mardhatillah mengungkapkan, untuk mengikuti event internasional itu, Abdul Haris ditunjuk langsung oleh perwakilan panitia di Jakarta, tanpa perlu lagi melalui proses seleksi. Hal ini merupakan sebuah kepercayaan luar biasa dari panitia.

“Ini merupakan sebuah kepercayaan yang luar biasa dari panitia. Karena tanpa seleksi, peserta kita langsung ditunjuk untuk mewakili Indonesia pada kompetisi akbar level internasional di Iran,” kata Ustaz Mardhatillah.

Ketua Bidang Pendidikan Kader Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Aceh ini menambahkan, Abdul Haris yang merupakan santri Ma'had Darut Tahfizh Al Ikhlas Ajun sudah tampil secara virtual kemarin siang, dengan menjawab tiga soal hafalan dengan sangat baik.

“Masing masing soal panjang bacaannya mencapai 4 halaman Alquran. Alhamdulillah hafalannya mulus tanpa salah dan bacaan tajwidnya juga sangan baik. Kita doakan besok sudah keluar pengumumannya dan semoga Abdul Haris berhasil memperoleh peringkat terbaik,” ujar Ustaz Mardhatillah.

Untuk diketahui, dalam Audisi Hafiz Termuda Aceh yang dilaksanakan pada Agustus kemarin, terpilih lima hafiz muda terbaik, dari total 35 hafizh-hafizhah yang mengikuti audisi tersebut dari seluruh Aceh.

Juara 1 diraih Abdul Haris asal Banda Aceh, juara 2 diraih M Syauqi Dibran asal Banda Aceh, juara 3 diraih M Prawira Joinda asal Simeulue, juara 4 diraih Safirul Haq Al Muhtadi Billah asal Aceh Besar, dan juara 5 diraih Faihal Ridhallah asal Banda Aceh.

Kepala Kanwil Kemenag Aceh Dr H Iqbal SAg MAg sebagaimana dikutip Serambi dari situs Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, mengatakan, Audisi Hafiz Termuda Aceh dilaksanakan sebagai ajang pembinaan bagi para hafizh-hafizhah muda Aceh untuk membumikan Alquran dari sejak dini.(amirullah)

Baca juga: Seluruh Penumpang Hilang di Dasar Jurang

Baca juga: Tiga Warga dari Aceh Barat

Baca juga: Mengambil Iktibar dari Erupsi Semeru

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved