Breaking News:

Elektabilitas Prabowo Dipepet Ganjar, Nama Ahok Masuk Bursa Capres 2024

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus bersaing ketat dalam hal elektabilitas

Editor: bakri
KOMPAS.com/RAKHMAT NUR HAKIM
Prabowo Subianto. 

JAKARTA - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus bersaing ketat dalam hal elektabilitas sebagai calon presiden (capres) 2024.

Dari hasil survei yang dilakukan sejumlah lembaga, nama Prabowo dan Ganjar terus bergantian menduduki posisi puncak elektabilitas capres 2024.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Sumber: KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOM, Dokumentasi @DKIJakarta/INSTAGRAM, Pemprov Jateng)
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Sumber: KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOM, Dokumentasi @DKIJakarta/INSTAGRAM, Pemprov Jateng) (Kompas TV)

Yang teranyar, survei yang dilakukan lembaga Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan elektabilitas Ganjar mengalami peningkatan dan memepet elektabilitas Prabowo.

Data itu disajikan SMRC dalam rilis hasil survei terbarunya berjudul "Prospek Partai Politik dan Calon Presiden: Kecenderungan Perilaku Politik Pemilih Nasional".

Dalam survei ini, SMRC memaparkan capaian elektabilitas capres 2024.

SMRC mendapat temuan data bahwa pada Maret 2020 elektabilitas Ganjar 6,9 persen, namun meningkat menjadi 19,2 persen pada Desember 2021.

"Dalam simulasi semi terbuka, pada survei Maret 2020 elektabilitas Ganjar 6,9 persen.

Setahun kemudian, Maret 2021, dukungan pada Ganjar menjadi 8,8 persen.

Dukungan ini meningkat menjadi 12,6 pada Mei 2021.

Dan terus menanjak pada September dan Desember 2021, masing-masing 15,8 dan 19,2 persen," kata Direktur Eksekutif SMRC, Sirojudin Abbas, Selasa (28/12/2021).

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved