Breaking News:

Metaverse

Ramai Diperbincangkan, Ini Daya Tarik Metaverse yang Bikin Banyak Orang Rela Investasi Besar-besaran

Di pulau tersebut, pengunjung dapat menjelajahi replika digital dari perkebunan Beverly Hills dan rumah anjingnya, berjalan-jalan di trotoar...

Editor: Eddy Fitriadi
Digital Trends
Metaverse konsep yang diusung Mark Zuckerberg. Ramai Diperbincangkan, Ini Daya Tarik Metaverse yang Bikin Banyak Orang Rela Investasi Besar-besaran. 

SERAMBINEWS.COM - Kini Metaverse menjadi topik perbincangan di mana-mana. Istilah ini mulai populer saat Facebook mengubah nama perusahaannya, Meta Platforms Inc.

Konsep yang ditawarkan adalah ruang virtual yang saling terhubung. Di sana, seseorang bisa membuat dan menjelajah dengan pengguna internet lainnya yang tidak berada pada ruang fisik yang sama dengan orang itu.

Bagi para raksasa teknologi yang mendukung ide besar ini, metaverse bisa menjadi cara hebat berikutnya untuk menghasilkan banyak uang.

Makanya, diam-diam tidak hanya Mark Zuckerberg saja yang ingin mengembangkan metaverse ini.

Microsoft yang sejatinya juga sedang melirik teknologi ini meskipun tidak terlalu bersuara menunjukkan minatnya.

Presiden Microsoft Brad Smith dalam kesempatan wawancara dengan Reuters mengatakan bahwa metaverse ini sangat besar dan cukup penting sehingga perlu kajian mendalam.

“Kami harus memastikan bahwa itu melindungi privasi, keamanan digital, dan melindungi dari disinformasi, manipulasi. Banyak yang harus kami bersihkan," ujarnya.

Ia pun mengkritik tren metaverse ini yang membuat seolah-olah saat ini manusia sudah memasuki dimensi baru. Padahal, menurutnya ke depan, manusia masih akan hidup di dunia nyata dengan orang-orang.

Seperti diketahui, Meta atau yang dulunya bernama Facebook ini tengah berfokus untuk membangun "metaverse" versinya.

Tak tanggung-tanggung, perusahaan mau merogoh dana hingga US$ 50 juta untuk mempersiapkan dan meneliti Metaverse serta merekrut 10 ribu karyawan baru di Uni Eropa untuk mengembangkan teknologi ini.

Halaman
12
Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved