Breaking News:

Sebelum Jual Ponsel Lama, Lakukan Hal Ini Untuk Lindungi Data Pribadi, Tidak Cukup Tekan Delete

"Kalau file-nya dihapus secara biasa aja lalu handphone-nya dijual begitu saja tanpa dilakukan reset factory setting (kembai ke setelan pabrik), kemun

Penulis: Yeni Hardika | Editor: Amirullah
Serambinews.com
Salah satu pemilik toko ponsel di Kota Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, Chossy Taruken, Kamis (25/6/2020) melayani pembeli smartphone. 

SERAMBINEWS.COM - Bagi Kamu yang ingin menjual handphone lama, jangan lupa untuk memastikan data-data pribadi tak lagi tersimpan di ponsel.

Ini perlu dilakukan oleh semua pemegang ponsel untuk menjaga penyalahgunaan data pribadi.

Sebagaimana diketahui, dewasa ini ancaman kejahatan siber yang memanfaatkan kebocoran data pribadi semakin marak terjadi.

Mengutip Kompas.com, Rabu (29/12/2021), pengamat teknologi informasi (TI) yang juga pakar forensik digital, Ruby Alamsyah, mengatakan, data pribadi mutlak dilindungi sebaik-baiknya.

Ia mengatakan, sekali saja data pribadi bocor, maka data tersebut akan rawan disalahgunakan dan bahkan bisa semakin tersebar.

Oleh karena itu, Ruby meminta masyarakat untuk selalu mengingat bahwa data pribadi adalah sesuatu yang tidak boleh sembarangan dibagikan.

Bukan hanya untuk data pribadi yang bersifat fisik, ini juga berlaku pada data yang bersifat digital, seperti foto KTP di ponsel yang sering digunakan untuk keperluan verifikasi berbagai aplikasi.

Baca juga: Daftar Merek Ponsel Ini tak Bisa Lagi Pakai WhatsApp Mulai Hari Ini

Oleh sebab itu, penting untuk menghapus semua data-data pribadi yang melekat di ponsel jika memutuskan ingin menjualnya.

Namun, untuk menghapus data-data khususnya yang bersifat digital tersebut, ada beberapa teknik yang perlu dipahami oleh masyarakat.

Tidak cukup tekan "delete"

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved