Breaking News:

Mihrab

Tiga Model Manusia di Awal Alquran : Bertaqwa, Kafir, dan Munafiq

sejak awal kita membaca Alquran kita sudah diharapkan memahami model-model manusia yang disebutkan dalam surah Al-Baqarah.

Penulis: Agus Ramadhan | Editor: Amirullah
FOR SERAMBINEWS.COM
Akademisi UIN Ar-Raniry, Dr Tgk Teuku Zulkhairi MA 

Tiga Model Manusia di Awal Alquran : Bertaqwa, Kafir, dan Munafiq

SERAMBINEWS.COM - Surah Al-quran yang pertama sekali diturunkan adalah Al-‘Alaq ayat satu sampai lima, kata Dr Teuku Zulkairi MA mengawali pembahasan ini.

Namun seperti dipahami, susunan surah-surah dalam Alquran dimulai dari surah Al-Fatihah. Lalu setelahnya yaitu surah al-Baqarah yang merupakan salah satu dari tujuh surah yang paling panjang dalam Alquran.

Menariknya, di awal surah al-Baqarah ini Allah menjelaskan tentang tiga model manusia.

“Artinya bahwa sejak awal kita membaca Alquran kita sudah diharapkan memahami model-model manusia yang disebutkan ini,” kata Teuku Zulkhairi.

Baca juga: Simak, Doa Pagi Hari Sesuai Anjuran Rasulullah SAW, Beserta Waktu yang Tepat Membacanya

Baca juga: Bolehkah Mengerjakan Puasa Ganti atau Qadha di hari Jumat? Ini Penjelasan Ustad Abdul Somad

Pengurus Persatuan Guru Nahdhatul Ulama (Pergunu) Aceh ini mengatakan, pertama yaitu orang-orang yang bertaqwa (mukmin). Kedua, orang-orang kafir. Dan ketiga, orang-orang yang mengatakan diri beriman tapi Allah mengatakan mereka tidak beriman alias munafiq.

“Kafir dan munafiq ini adalah antitesa dari orang-orang mukmin. Jadi menarik untuk ditadabburi mengapa sejak di awal Alquran Allah langsung menjelaskan dua tipe manusia yang kontra dengan orang-orang beriman,” ungkapnya.

Dari ayat satu sampai lima surah al-Baqarah, Allah SWT  menceritakan (sebagian dari) karakteristik orang-orang yang bertaqwa, yaitu beriman kepada yang ghaib, mendirikan shalat, membayar zakat dan beriman kepada apa yang diturunkan kepada Nabi Muhammad serta kepada Nabi-nabi sebelumnya.

Orang-orang yang bertaqwa ini akan selamat dan memperoleh tempat kembali terbaik (syurga).

Lalu setelahnya, Allah memberikan gambaran yang jelas tentang karakteristik orang-orang kafir. Mereka justru memusuhi orang-orang beriman ketika kebenaran disampaikan kepada mereka.

Baca juga: Khutbah Jumat di Masjid Haji Keuchik Leumiek: Berbanggalah Menjadi Umat Islam

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved