Breaking News:

Video

VIDEO Ikan Raksasa di Lhokseumawe Aceh Bukan Arwana tapi Ikan dari Sungai Amazon

Dalam beberapa unggahan video penemuan ikan berukuran besar itu, masyarakat menyebutnya sebagai ikan arwana raksasa.

Editor: Habibi

SERAMBINEWS.COM - Peneliti Ikan di Pusat Penelitian Biologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Gema Wahyudewantoro MSi mengungkapkan ikan raksasa yang ditemukan di Lhokseumawe, Aceh, bukanlah ikan arwana melainkan ikan Arapaima gigas.

Sebelumnya, warga setempat dihebohkan penemuan seekor ikan yang berukuran jumbo dan disebut-sebut sebagai ikan arwana di sebuah selokan di Desa Uteun Kot, Kecamatan Muara Dua, di kawasan Cunda Lhokseumawe, Aceh, Rabu (5/1/2022).

Penemuan seekor ikan air tawar raksasa menjadi viral setelah diunggah di media berbagai sosial.

Dalam beberapa unggahan video penemuan ikan berukuran besar itu, masyarakat menyebutnya sebagai ikan arwana raksasa, yang diperkirakan memiliki panjang 1 meter.

Ikan raksasa di selokan yang ditemukan di Lhokseumawe, Aceh ini termasuk dalam klasifikasi bangsa Osteoglossiformes, bersuku Osteoglossidae, dan marga Arapaima.

Ikan Arapaima adalah jenis ikan yang berasal dari Amerika, yang mana habitat aslinya di Sungai Amazon.

Gema menjelaskan, ikan Arapaima ini hidup di perairan tawar seperti danau, sungai atau rawa yang relatif sedang sampai dalam dan pada kisaran suhu 25°–29°C.

Ikan raksasa Arapaima gigas, dikenal sangat temperamental dan bersifat karnivora atau pemakan daging, yang akan memangsa beberapa jenis ikan, krustasea, burung air, bahkan dapat merobohkan dan memakan seekor anak kerbau.

Baca juga: Banjir di Aceh Timur Bersangsur Surut, Tinggal 3 Desa Lagi

Baca juga: Tiket Termahal MotoGP Indonesia 2022 di Sirkuit Mandalika Seharga 15 Juta Habis Terjual

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved