Breaking News:

Berita Langsa

Kota Langsa Masuk 50 Besar Smart City Tingkat Nasional

Kota Langsa masuk 50 besar Smart City atau Kota Cerdas se-Indonesia. Sebanyak 88 Kabupaten/Kota di Indonesia mengikuti Assesmen Program menuju Kota

Penulis: Zubir | Editor: M Nur Pakar
Serambinews.com
Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh, Marwan Nusuf BHSc, MA dan Sekda Langsa, Ir Said Mahdum, saat mendatangani MoU SPBE dan Pengembangan Smart City Kota Langsa. 

Laporan Zubir | Langsa

SERAMBINEWS.COM, LANGSA - Kota Langsa masuk 50 besar Smart City atau Kota Cerdas se-Indonesia.

Sebanyak 88 Kabupaten/Kota di Indonesia mengikuti Assesmen Program menuju Kota Cerdas ( Smart City) secara daring dari 1sampai 5 November 2021.

Hal itu sesuai surat Dirjen Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi Dan Informatika No: B-855/DJAI/Al.01.02/09/2021 tanggal 3 Januari 2022.

Demikian disampaikan Wakil Walikota Langsa Dr. Marzuki Hamid, MM melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Langsa M. Husin SSos MM, Selasa (11/1/2022).

Menurut M. Husin, pihaknya menyusun master plan Smart City untuk mempelajari draf nota kesepakatan bersama.

Antara Dirjen Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan Kota Langsa tentang Implementasi Gerakan Menuju Kota Cerdas.

Baca juga: Mendagri Dorong Penerapan Smart City untuk Efisiensi

Tujuannya untuk mendorong pelaksanaan program Smart City secara terpadu.

Dalam rangka memberikan kemudahan layanan publik sesuai Undang-undang No. 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Dikatakan, Kota Langsa akan membentuk Dewan Smart City yang beranggotakan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pakar dan Akademisi.

"Sebagai wadah partisipan antarsektor dalam melakukan percepatan pembangunan dan pelaksanaan Smart City," papar mantan Kabag Humas Setdako ini.

Disamping itu, timpal Husin, sebagaimana disampaikan Wakil Wali Kota Langsa, akan membentuk Tim Pelaksana Smart City.

Baca juga: Acehlink Dukung Smart City Banda Aceh dengan Program CSR

Diketuai oleh Kepala Dinas yang membidangi dan beranggotakan perwakilan pejabat dan staf dari semua OPD.

Tahun 2022, Kota Langsa diharapkan makin memantapkan Smart Government, Smart Ekonomi, Smart People, Smart Society dan Smart Gampong.

Dalam kesempatan itu, Pemko Langsa juga memberikan apresiasi dan terimakasih kepada semua OPD dan masyarakat Kota Langsa.

"Sumbangan pikiran yang telah disampaikan untuk kemajuan Kota Langsa kiranya dapat menjadi amal ibadah," tutup M. Husin.(*)

Baca juga: Kota Langsa Susun Rencana Induk Smart City Tahap Ke II

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved