Breaking News:

Realisasi APBD

Kemendagri Gelar Webinar Bahas Lelang Dini dan Percepatan Realisasi APBD

Dalam kesempatan tersebut, Pelaksana Harian (Plh.) Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuda Kemendagri Agus Fatoni langsung memberikan arahan terkait str

Penulis: Fikar W Eda | Editor: Ansari Hasyim
Dok Humas
Plh Dirjen Bina Keuda Kemendagri, Agus Fatoni 

Laporan Fikar W Eda I Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) menggelar Webinar Series Keuda Update untuk membahas lelang dini dan percepatan realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Webinar seri perdana ini dilaksanakan Rabu (12/1/2022) untuk menyamakan persepsi antara Pejabat Pengelola Keuangan Daerah mengenai pengadaan dini dan percepatan realisasi anggaran.

Dalam kesempatan tersebut, Pelaksana Harian (Plh.) Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuda Kemendagri Agus Fatoni langsung memberikan arahan terkait strategi percepatan serapan anggaran dan lelang dini.

VIDEO MTsN 5 Pidie Santuni 150 Anak Yatim dan Fakir Miskin

Webinar yang dipandu oleh Herie Saksono selaku Peneliti BRIN itu juga menghadirkan sejumlah narasumber, yakni Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah BPKP, Deputi Bidang Hukum dan Penyelesaian Sanggah LKPP, Direktur Evaluasi Sistem Informasi Ditjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu, Direktur Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah Ditjen Bina Keuda Kemendagri.

Melalui webinar tersebut dihasilkan kesimpulan berupa hal-hal yang perlu ditindaklanjuti oleh Pemerintah Daerah, antara lain Pemda perlu merencanakan dan mempersiapkan langkah penerapan pengadaan dini yang akan diterapkan pada tahun 2023 dan tahun mendatang, yang dapat dimulai sejak penetapan Nota Kesepakatan KUA/PPAS atau mulai pada bulan Juli/Agustus sebelum APBD ditetapkan.

Usai Cerai, Aldi Bragi Bingung Mau Tinggal di Mana, Selama Ini Numpang di Rumah Ririn Dwi Ariyanti

Selain itu, proses pengadaan dini dapat dilakukan sampai dengan Pengumuman Pemenang dan Masa Sanggah/Sanggah Banding. Sementara, untuk penandatanganan kontrak dilakukan setelah DPA-SKPD disahkan.

Dengan kata lain, perlu segera ditindaklanjuti MoU antara Mendagri, Kepala LKPP, Kepala BPKP No. 027/6692/SJ, 2 Tahun 2021 dan MoU-8/K/D3/2021 tentang Pengadaan Dini atas Pengadaan Barang/Jasa di lingkungan pemda yang sudah ditandatangani sejak tanggal 1 Desember 2021.

Hal ini dapat dilakukan dengan cara segera menunjuk Pejabat Pengelola Keuangan Daerah.

Penetapan pejabat pengelola keuangan daerah dan pejabat pelaksana di masing-masing OPD tidak menyebutkan tahun anggaran, sehingga bisa bekerja terus menerus tanpa terhalang akhir tahun anggaran.

VIDEO - Vaksinasi Covid-19 di Banda Aceh Pindak Lokasi ke Meseum Aceh

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved