Breaking News:

Polri Pastikan Perubahan Warna Pelat dan Pasang Chip Pelat Kendaraan Bebas Biaya

Diberitakan sebelumnya, Korlantas Polri bakal segera menerapkan perubahan warna pelat nomor kendaraan pribadi.

Editor: Faisal Zamzami
Intisari Online
ilustrasi plat kendaraan 

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Korlantas Polri memastikan perubahan pelat kendaraan dari warna dasar hitam menjadi putih dan pemasangan chip khusus atau Radio Freguency Identification (RFID) akan bebas biaya.

Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri Brigjen Yusri Yunus menyatakan pihaknya memastikan masyarakat tidak akan dibebani biaya terkait kebijakan baru tersebut.

"Ini semua tanpa membebani masyarakat, tanpa ada biaya-biaya," kata Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri Brigjen Yusri Yunus saat dikonfirmasi, Senin (24/1/2022).

Yusri menuturkan pihaknya meminta dukungan masyarakat terkait perubahan pelat kendaraan tersebut. Sebaliknya, rencana perubahan pelat kendaraan tersebut masih dalam tahap sosialisasi.

"Kami meminta dukungan sambil kita jalan pelan-pelan tahun ini untuk sosialisasi," tukas Yusri.

Diberitakan sebelumnya, Korlantas Polri bakal segera menerapkan perubahan warna pelat nomor kendaraan pribadi.

Adapun nantinya warna dasar pelat kendaraan menjadi putih.

Dirregident Korlantas Polri Brigjen Yusri Yunus menuturkan penyesuaian pelat nomor tak hanya terhadap warna. Nantinya, pelat nomor juga akan dipasang chip khusus atau Radio Freguency Identification (RFID).

"Korlantas Polri akan segera menerapkan perubahan warna pelat kendaraan pribadi (pelat nomor) dari semula hitam menjadi putih dan dipasang chip khusus atau Radio Freguency Identification (RFID)," kata Yusri saat dikonfirmasi, Senin (24/1/2022).

Baca juga: Arnold Schwarzenegger Alami Kecelakaan, Mobil yang Dikemudikannya Menimpa Kendaraan Lain

Baca juga: Kesaksian Korban Selamat Kecelakaan Maut di Balikpapan, Truk Hantam Kendaraan di Trafic Light

Yusri menuturkan pemberlakuan kebijakan itu akan dilakukan secara bertahap. Nantinya, polisi akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu sebelum memberlakukan kebijakan tersebut.

  
"Pemberlakuan perubahan warna plat nomor kendaraan dan pemasangan chip ini akan dilakukan secara bertahap dengan diawali tahap sosialisasi," jelas Yusri.

Lebih lanjut, Yusri menyatakan  perubahan warna pelat nomor kendaraan menjadi putih bertujuan agar kamera ETLE bisa menyorot angka pelat nomor secara lebih jelas. 

“Perubahan pelat dasar hitam menjadi putih dengan tulisan hitam ini mengikuti Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 7 Tahun 2021," ucap Yusri.

Adapun perubahan tersebut termaktub di dalam Peraturan Kepolisian Nomor 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor, pelat nomor kendaraan sudah dipastikan berubah warna. Hal tersebut tertulis dalam Pasal 45, yakni:

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved