Breaking News:

Otomotif

Ini Alasan Mengganti Ban Mobil Harus Seragam, Meski Terkesan Sepele tapi Ternyata Membahayakan

Apabila sudah melewati batas itu, sebaiknya ban segera diganti atau ketika ban mengalami kerusakan, seperti sobek, benjol...

Editor: Eddy Fitriadi
SERAMBINEWS/(Dok. Shutterstock)
Ilustrasi ban mobil. Ini Alasan Mengganti Ban Mobil Harus Seragam, Meski Terkesan Sepele tapi Ternyata Membahayakan. 

SERAMBINEWS.COM - Ganti ban mobil yang sudah aus dengan ban baru adalah salah satu cara dalam merawat ban. Indikator yang paling terlihat adalah dari batas Tread Wear Indicator (TWI) di telapak ban.

Apabila sudah melewati batas itu, sebaiknya ban segera diganti atau ketika ban mengalami kerusakan, seperti sobek, benjol atau telapak ban aus tidak merata.

Umumnya, rata-rata waktu penggantian ban adalah antara 2-4 tahun tergantung pemakaian.

"Ban merupakan komponen kendaraan yang sangat penting dalam menjaga kenyamanan dan keamanan berkendara di jalan. Oleh karena itu, segera ganti ban yang telapak bannya sudah aus atau ada indikasi kerusakan fisik," kata Aftersales Business Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara, Selasa (15/2/2022).

Dengan alasan budget atau ingin mencoba ban yang lain, pemilik mobil terkadang mengganti dengan ban beda merek, misalnya dari merek A ke merek B.

Demi menjaga kenyamanan dan keamanan berkendara, sebaiknya langkah tersebut dihindari.

Setiap merek ban pasti berbeda performanya karena proses desain dan manufaktur yang berbeda, termasuk peruntukannya seperti, antara ban basah dan kering, ban SUV dan sedan atau ban penumpang dan ban niaga.

Belum lagi terkait material dan konstruksi ban yang tidak sama meskipun ukurannya sama persis karena terkait kebutuhan penggunaan ban.

Ukuran tidak hanya menyangkut dimensi umum seperti lebar dan rasio tinggi ban. Ukuran di sini juga termasuk ukuran pelek, batas kecepatan maksimal, dan load index. Perhatikan pula jenis ban, apakah radial atau bias, ban tubeless atau tubetype?

"Selain itu, pattern atau pola telapak ban, awam sering menyebutnya kembangan ban, berbeda sedikit saja bakal mengganggu stabilitas saat mobil melaju," imbuh Tara.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved