Breaking News:

Internasional

Jet Tempur Rusia Gempur Desa Kopani, Dekat Perbatasan Belarusia, Pancing Ikut Perang

Pemerintah Ukraina, Jumat (18/3/2022) menuduh Rusia melancarkan serangan udara dekat perbatasan Belarusia-Ukraina.

Editor: M Nur Pakar
AFP/Sergey BOBOK
Asap hitam membumbung tinggi dari pasar Barabashovo, salah satu pasar terbesar di Eropa Timur seluas 75 hektare seusai terkena serangan udara Rusia di Kharkiv, Ukraina, Kamis (17/3/2022). 

SERAMBINEWS.COM, KIEV - Pemerintah Ukraina, Jumat (18/3/2022) menuduh Rusia melancarkan serangan udara dekat perbatasan Belarusia- Ukraina.

Angkatan Udara Ukraina menyatakan jet tempur Rusia melakukan serangan udara dengan bendera palsu di sebuah desa Belarusia dekat perbatasan Ukraina.

Dalam sebuah posting di Facebook, Angkatan Udara Ukraina mengklaim jet Rusia lepas landas dari pangkalan di Belarusia.

Kemudian, memasuki wilayah udara Ukraina dan tidak berselang lama terjadi kebakaran terjadi di Desa Kopani, seperti dilansir ABCNews, Jumat (18/3/2022).

Menteri Pertahanan Ukraina Oleksy Reznikov mengklaim pasukan Rusia akan melancarkan serangan terhadap Kopani.

Dia menegaskan hal itu ntuk "menarik Angkatan Bersenjata Republik Belarusia ke dalam perang Ukraina.

Baca juga: Rusia Membuat Kemajuan di Sebagian Besar Pertempuran di Ukraina, Kapal Perang Rusia Gempur Odesa

Oleksy Reznikov menuduh Rusia bersiap melakukan serangan udara terhadap desa-desa Belarusia yang dekat dengan perbatasan Ukraina.

Hal itu untuk membuat dalih agar Belarusia memasuki perang secara langsung.

Hingga saat ini, Belarusia, hanya bertindak sebagai basis pasukan invasi Rusia dan peluncuran rudal dan serangan udara dari wilayahnya.

Ukraina mengklaim memiliki informasi Rusia berencana untuk meluncurkan serangkaian serangan udara bendera palsu terhadap desa-desa Belarusia.

Hal itu untuk mencoba mengubah dan menciptakan dorongan untuk perang di Belarusia, kata Reznikov dalam sebuah posting online.

"Saya memohon kepada rakyat Belarusia dan teman-teman, menurut informasi yang kami yakini sepenuhnya dan yang telah kami konfirmasi kebenarannya," kata Reznikov.

Baca juga: Amerika Serikat Lebih Mementingkan Demokrasi Dunia, Daripada Hanya Fokus Ukraina

"Saat ini, komando pasukan pendudukan Rusia sedang mempersiapkan serangkaian provokasi berdarah di Belarusia," ungkapnya.

Reznikov menambahkan, jet Rusia sedang bersiap untuk melancarkan serangan ke berbagai pusat populasi di wilayah Belarusia, yang terletak dekat perbatasan Ukraina- Belarusia.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved