Breaking News:

Bimtek Kemenparekraf RI

Pelaku UMKM dan Wisata di Banda Aceh dan Aceh Besar Ikuti Bimtek Kemenparekraf RI

Saat ini peran media digital sangat besar mendorong pertumbuhan pariwisata dan ekonomi kreatif.

Penulis: Masrizal Bin Zairi | Editor: Taufik Hidayat
Dok Humas
Anggota DPR RI, Illiza Saaduddin Djamal dan Nata Reza yang merupakan influencer dan artis nasional menjadi pembicara pada kegiatan bimtek Kemenparekraf RI yang dipandu host Dosi Elfian di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh, Jum'at (18/3/2022) 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Sejumlah pelaku usaha di Banda Aceh dan Aceh Besar mengikuti bimbingan teknis (bimtek) yang diadakan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Anggota DPR RI, Illiza Saaduddin Djamal ini berlangsung di Hotel Hermes Palace Banda Aceh, Jum'at (18/3/2022).

Bimtek yang bertema 'Promosi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui Media Digital' juga menghadirkan Nata Reza yang merupakan influencer dan artis nasional sebagai pembicara. 

Pada acara ini juga dihadiri Joko Suhardo sebagai Sub Koordinator Event Daerah Sumatera dan Kalimantan Kemenparekraf dan perwakilan Kepala Disbudpar Aceh.

Dalam sambutannya, Illiza menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan bagi pelaku UMKM, Ekonomi Kreatif (Ekraf), influencer dan pegiat wisata di Aceh tentang bagaimana cara memasarkan produk melalui media digital. 

Saat ini media digital menjadi salah satu yang sangat digandrungi oleh semua lapisan masyarakat, karenanya kata Illiza, semua pelaku wisata dan ekonomi kreatif mampu memanfaatkan media ini untuk memasarkan produk dan mempromosikan kepada masyarakat.

"Ini merupakan momen untuk kita memperkenalkan produk yang kita punya, produk Aceh," ujarnya.

Promosi saat ini yang mudah berkembang adalah melalui influencer, endors, memanfaatkan media hingga mampu menarik konsumen di pasar internasional.

Pelaku UMKM dan pelaku ekonomi kreatif, tambah Illiza, harus terus komitmen dalam melakukan promosi, berdo'a, berikhtiar, memanfaatkan kesempatan, berjuang dan susun strategi hingga mampu meningkatkan perekonomian.

Sementara Nata Reza yang merupakan Influencer dan artis nasional yang dihadirkan sebagai narasumber memotivasi para peserta agar dapat menguasai media digital untuk mengembangkan usaha pariwisata dan ekonomi kreatif (ekraf).

"Jangan pernah menyerah, kita akan support teman-teman pelaku usaha ekraf di Aceh," kata Nata Reza.

Kepala Disbudpar Aceh Jamaluddin yang diwakili Kepala Bidang Pengembangan Usaha Pariwisata dan Kelembagaan Ismail mengungkapkan kondisi setelah Aceh dilanda pandemi Covid-19 membawa perubahan bagi perilaku masyarakat.

Salah satunya mengharuskan pelaku ekonomi kreatif berfikir keras bagaimana, agar produk tetap laris di pasarkan.

"Saat ini peran media digital sangat besar mendorong pertumbuhan pariwisata dan ekonomi kreatif. Masyarakat perlu mengetahui strategi apa saja yang harus dilakukan agar mampu bersaing dan memperkenalkan produknya diera digital seperti saat ini," ujar Ismail.(*)

Baca juga: 105 UMKM Bireuen Ikut Pelatihan DEA

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved