Breaking News:

Kuliner

Roti Kopi Aren, Oleh-oleh Baru dari Takengon

Roti Kopi Aren ini dijual dengan berbagai varian rasa dan ukuran, ada rasa original gula aren, coklat keju, selai terong belanda dan coklat wijen.

Penulis: Bagus Setiawan | Editor: Taufik Hidayat
Serambinews.com
Nurillah (26) pengusaha rumahan oleh-oleh Roti Kopi Aren (28/3/2022) 

Laporan Bagus Setiawan | Aceh Tengah 

SERAMBINEWS.COM, TAKENGON - Jika berkujung ke Aceh Tengah, rasanya tidak lengkap jika tidak membawa buah tangah khas kota ini.

Roti Kopi Aren, adalah produk dari sebuah usaha rumahan yang di jalani oleh Shafa Nurillah (26) di desa Paya Serngi, kecamatan Kebayakan, Aceh Tengah

Meski di namai roti kopi aren, bentuknya sendiri lebih mirip dengan kukis atau kue kering.

Saat disambangi Serambinews.com di kediamannya pada, Senin (28/3/2022) Nurillah mengaku Roti Kopi Aren ini sudah ia jalankan sejak awal tahun 2021.

Ia mengatakan awalnya membuat kue unyil, karena jangka tahan makanannya yang cepat basi, ia terpikir bagaimana membuat produknya agar tahan lama.

"awalnya hanya kue unyil biasa, semakin lama seperti tidak ada kemajuan dan di tambah lagi kue unyil ini cepat basi" kata Nurillah. 

Mulai dari situ munculah ide-ide baru Nurillah, bagaimana membuat kue yang ia produksi memiliki ciri khas sendiri dan dapat menjadi oleh-oleh khas dari Takengon.

Melihat ayahnya yang memproduksi bubuk kopi, Nurillah pun berinovasi untuk mencampurkan bubuk kopi arabika gayo yang ayahnya produksi kedalam adonannya.

"Dari situ terpikir untuk berbenah, bagaimana membuat kue yang tahan lama dan unik, melihat ayah ada usaha bubuk kopi lalu memberanikan diri untuk mencoba hal baru dengan mencampurkan bubuk kopi arabika kedalam adonan" jelas Nurillah. 

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved