Breaking News:

Berita Banda Aceh

KIP Aceh Usul Anggaran Pilkada 2024 Rp 139 Miliar 

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh mengusulkan anggaran Rp 139 miliar kepada Pemerintah Aceh, untuk kepentingan pelaksanaan pemilihan...

Penulis: Masrizal Bin Zairi | Editor: Nurul Hayati
For Serambinews.com
Ketua Divisi Perencanaan KIP Aceh, Ranisah SE. 

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh mengusulkan anggaran Rp 139 miliar kepada Pemerintah Aceh, untuk kepentingan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Aceh pada tahun 2024. 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh mengusulkan anggaran Rp 139 miliar kepada Pemerintah Aceh, untuk kepentingan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Aceh pada tahun 2024. 

Ketua Divisi Perencanaan KIP Aceh, Ranisah SE kepada Serambinews.com, Jumat (8/4/2022) mengatakan, anggaran tersebut masih sebatas usulan dan masih bisa berubah.

Sedangkan biaya untuk pelaksanaan Pemilu bersumber dari APBN. 

"Anggaran ini belum final, karena belum duduk antara Pemerintah Aceh dengan pemerintah kabupaten/kota mengenai dana sharing. Kita juga belum tahu yang jadi beban Pemerintah Aceh apa? dan tanggung jawab kabupaten/kota apa?" ujarnya.

Ranisah mengaku, tidak mengetahui sejauh mana proses anggaran Pilkada di Pemerintah Aceh.

Apabila usulan tersebut tidak masuk dalam APBA Perubahan 2022, menurut Ranisah, masih ada bisa diproses dalam APBA tahun 2023. 

Baca juga: Jaga Kekompakan, KIP Aceh Tengah Adakan Family Gathering Jelang Ramadhan dan Tahapan Pemilu 2024

Sementara Ketua Divisi Data dan Informasi Agusni AH menyatakan, KIP Aceh dalam pelaksanaan Pilkada dan Pemilu mengikuti program jadwal dan tahapan yang sudah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

KPU sendiri, berencana membuka pendaftaran partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2024 pada 1-7 Agustus mendatang.

Rencana jadwal pendaftaran partai politik itu, tertuang dalam Rancangan Peraturan KPU (PKPU).

Jika pendaftaran parpol dilakukan pada 1-7 Agustus, maka KPU sudah bisa menentukan siapa saja parpol peserta Pemilu 2024 pada 14 Desember 2022.

Sedangkan bagi parpol lokal, pendaftarannya akan berlangsung di KIP Aceh

"Sejalan dengan tahapan nasional, untuk masa pendaftaran partai politik, secara bersamaan parlok pun turut serta, berjalan beriringan," kata Agusni AH kepada Serambinews.com, Jumat (8/4/2022) melalui WhatsApp.

Ia menyatakan, dalam pelaksanaan tahapan KIP Aceh ikut menyesuaikan dengan program jadwal dan tahapan KPU RI.

Sedangkan terkait anggaran, KIP Aceh dan Pemerintahan Aceh sedang memformulasikannya.(*)

Baca juga: KIP Aceh Tengah Koordinasikan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) Triwulan I

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved