Breaking News:

Ungkap Keseriusan Atasi Pengangguran di Aceh, Kemnaker RI Komit Bangun UPTP BLK di Jantho

Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) RI menyatakan keseriusan dalam mengatasi pengangguran di Aceh.

Editor: Amirullah
Istimewa
Dirjen Binalavotas Kemnaker RI Budi Hartawan (pakai batik) didampingi Aswar Ramli Paya (dua kiri) dan Drs Sulaimi MSi (tiga kanan). 

SERAMBINEWS.COM, JANTHO - Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) RI menyatakan keseriusan dalam mengatasi pengangguran di Aceh.

Di antara bentuk keseriusan itu adalah adanya tekad dan komitmen untuk membangun Unit Pelaksana Teknis Pusat (UPTP) Balai Latihan Kerja (BLK) berbasis vokasi dan produktifitas di Jantho, Aceh Besar.

Berdasarkan siaran pers yang diterima Serambinews.com, hal itu dikatakan Direktur Jenderal (Dirjen) Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktifitas (Binalavotas) Kemnaker RI, Budi Hartawan SE MSi, dalam pertemuan dengan Disnakermobduk Aceh dan Pemkab Aceh Besar di Kota Jantho, Jumat (8/4/2022).

“Saat ini Kemnaker RI telah memiliki 21 Balai Pelatihan Vokasi dan Produktifitas di 16 provinsi di seluruh Indonesia,” kata Budi Hartawan dalam pertemuan yang berlangsung di ruang rapat Kantor Bupati Aceh Besar.

“Ini adalah amanat Presiden Jokowi agar di setiap provinsi dibangun balai pelatihan dan harus tuntas pada 2024,” tambah Budi sebagaimana dikutip anggota Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan (FKJP) Disnaker Aceh, Hasan Basri M Nur.

“Kehadiran UPTP ini akan membantu mengatasi pengangguran di Aceh. Mudah-mudahan jadi dibangun di Jantho dalam waktu dekat,” tambah Budi Hartawan sambil meminta komitmen Pemkab Aceh Besar untuk menyediakan lahan pembangunan UPTP dimaksud.

Baca juga: Fakta Pria Ditangkap Usai Tipu Calon Istri, Kabur sebelum Akad Nikah, Korban Rugi Rp 461 Juta

Baca juga: 7 Pengungsi Rohingya di Jangka Bireuen Kabur, 4 Laki & 3 Perempuan, Camat Minta IOM Relokasi Mereka

Budi menambahkan, jurusan pada UPTP di Jantho ini harus disesuaikan dengan potensi dan arah pembangunan daerah agar alumni didikan di UPTP ini terserap di lapangan kerja dan tidak justru menambah pengangguran.

Selain itu, Budi mengatakan, walaupun UPTP tersebut akan dibangun di Kabupaten Aceh Besar, tapi ia mesti menerima peserta pelatihan dari seluruh Aceh karena sifat UPTP harus menjangkau satu provinsi.

Dirjen Binalavotas Kemnaker RI pejabat Kabupaten Aceh Besar dan Disnakermobduk Aceh
Dirjen Binalavotas Kemnaker RI Budi Hartawan (tengah, pakai batik) bersama pejabat Kabupaten Aceh Besar dan Disnakermobduk Aceh di lahan rencana pembangunan UTPK BLK Kemnaker RI di Kota Jantho.

Baca juga: Cincau di Lambaro Diduga Mengandung Boraks, Apa Itu? Ternyata Ini Bahaya Boraks untuk Kesehatan

Pemkab Abes Siap Sediakan Lahan

Dalam kesempatan yang sama, Sekda Aceh Besar, Drs Sulaimi MSi, menyambut baik program Pemerintah Pusat di Aceh Besar. Dikatakan, Pemkab Aceh Besar siap menyediakan lahan untuk pembangunan UPTP dimaksud lengkap dengan dokumen SHM.

“Kami sediakan lahan ada yang luas 5 hektar atau 12 hektar di Kota Jantho. Boleh dipilih. Sekarang kita tinjau bersama-sama,” ujar Sulaimi didampingi Asisten II dan III dalam pertemuan yang difasilitasi oleh Kabid Tenaga Kerja Disnakermobduk Aceh, Aswar Ramli Paya SHut, MAP.

Seusai mengadakan pertemuan, Dirjen Kemnaker Budi Hartawan bersama Sekdakab Aceh Besar dan pejabat Disnakermobduk Aceh melalukuan tinjauan ke lahan yang dijanjikan.

Baca juga: Hukum Puasa Ramadhan Tapi Mandi Wajib Setelah Terbit Matahari karena Ketiduran, Sah Tidak Ya?

Selain melihat lahan, Budi Hartawan juga mencermati dengan seksama denah lahan dimaksud. Pihak Kemnaker RI terkesan puas atas kesiapan dan kesungguhan Pemkab Aceh Besar dalam usulan pembangunan project UPTP Pelatihan Vokasi dan Produktifitas ini.

Sebagai bukti keseriusan Pemerintah Pusat, Dirjen Budi Hartawan akan mengundang Kepala UPTP BLK Banda Aceh, Rahmat Faisal, untuk hadir ke Jakarta tanggal 18 April 2022 ini. Dalam pertemuan di Jakarta akan dibahas bentuk konkrit tindaklanjutnya.

“Hari ini cinta Pusat telah disambut dengan hangat oleh Pemkab Aceh Besar. Semoga segera berujung ijab qabul dalam waktu dekat,” ujar Aswar Ramli Paya di sela-sela memandu pertemuan.

Baca juga: Jadwal MotoGP Amerika 2022: Sesi Latihan Bebas Malam Ini, Marc Marquez Kembali Beraksi

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved