Breaking News:

Pojok UMKM

Salad Lover, Idolanya Pasar Lokal

Sebagai pembina produk UMKM, Helvizar berpesan agar si pelaku usaha tidak cepat puas dengan hasil yang sudah dicapai

Editor: IKL
IST
PERLIHATKAN PRODUK SALAD - Pemilik usaha Salad Lover, Ina Andayani, memperlihatkan salad buah dan sayur produksinya. 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Salad Lover adalah nama salah satu pelaku usaha mikro kelas rumah tangga yang memproduksi makanan salad sayur dan salad buah yogurt, dengan menggunakan buah lokal dan impor serta sayuran organik. Usaha ini berlokasi di Jalan T Nyak Arif, Lorong Coklat, Gampong Lamgugop, Kota Banda Aceh.

Meski usahanya masih kelas rumahan, tapi omzet penjualannya per hari lumayan bagus,  antara Rp 750.000-Rp 2 juta.  Untuk omzet penjualan usaha mikro dan rumah tangga senilai itu, menurut Kadiskop dan UKM Aceh, Ir Helvizar Ibrahim, yang didampingi Kasi Pelayanan Informasi dan Usaha, Andri Suafrianzah, sudah tergolong bagus dan prospek.

Harga jual produk salad lover, kata Helvizar Ibrahim, cukup terjangkau. Untuk salad buah yogurt, dijual Rp 25.000-Rp 50.000 per cup dan salad sayur Rp 35.000-Rp 50.000/cup Dikatakan Helvizar, dari keterangan pemilik usaha, Ina Andayani, alumni Fakultas Ekonomi USK, konsumen Salad Lover dari berbagai kalangan, mulai dari ibu rumah tangga, remaja, pegawai, pebisnis, medis, dokter, pejabat, serta masyarakat yang mengetahui manfaat mengonsumsi makanan salad buah dan sayur.

Sebagai pembina produk UMKM, Helvizar berpesan agar si pelaku usaha tidak cepat puas dengan hasil yang sudah dicapai. “Terus lakukan inovasi dan kereasi agar produk salad buah dan sayurnya tetap menjadi idola konsumen di dan luar Aceh. Apalagi usaha rumah tangga juga bisa memberikan pendapatan bagus,” terangnya.

Sementara pelaku usaha Salad Lover, Ina Andayani mengatakan, salad produksinya dimulai tahun 2017, dan masih kecil-kecilan dan coba-coba. Usaha itu dirintis Ina untuk mengisi waktu luangnya sebagai ibu rumah tangga, usai mengurus anaknya yang baru satu orang. Apalagi, katanya, saat itu di Banda Aceh belum banyak yang memasarkan makanan salad buah dan sayur secara online.

Ia pun kemudian belajar dari online cara membuat salad buah dan sayur. Salad hasil produksinya kemudian ditawarkan kepada teman-teman dan kerabat dekat dengan jumlah produksi 10-20 mangkok per hari. “Dari hari ke hari permintaan salad buah dan sayur produksi saya terus bertambah. Dari teman dan kerabat, sya jadi bersemangat dan termotivasi serta mendapat dukungan penuh dari suami Agustiar ST untuk serius menekuni usaha produksi salad buah dan sayur ini,” kata ibu satu anak ini.

Dari 10 jenis produk salad buah dan sayur yang diproduksi, kata Ina Andayani, yang paling banyak diminati konsumen adalah salad sayur. Seperti spring roll salad, salad wrap, beef shirataki salad, dan chiken potato salad. Sedangkan untuk salad buah, paling banyak digemari konsumen adalah salad buah segar, salad buah asinan, dan salad mix fruit honey lemon buah.

Salad Lover, kata Ina, juga memproduksi kue kering (cake). Untuk kue kering yang paling banyak dipesan konsumen adalah kue brownies dari tepung singkong (mocap), telur organik, gula organik, dan tanpa menggunakan pengawet.
“Semua bahan baku produk Salad Lover bebas bahan kimia. Produk Salad Lover merupakan makanan sehat, segar dan enak, serta bebas dari bahan berbahaya bagi tubuh,” ujar Ina.

Pasar produk Salad Lover, kata Ina, masih di wilayah Aceh. Sesekali ada juga pesanan datang dari luar Aceh. Misalnya, dari Jakarta dan pulau Jawa lainnya. Soal kendala, tambahnya, saat pesanan sedang bagus dan naik, bahan baku buah segar yang dibutuhkan datang terlambat. Karena memang sebagian bahan baku salad sayur dan buah berasal dari luar Aceh, seperti buah anggur segar, pasokannya sering terlambat dari Medan dan Jakarta.

Sementara untuk pembuatan salad buah dan sayur, kata Ina, semuanya dari bahan organik. Bahan harus selalu dalam kondisi segar dan tidak boleh terlalu lama tersimpang dalam ruang pendingin. Karena kalau terlalu lama disimpan, kualitas rasa bisa menurun. Makanya kita harus selalu membeli buah dan sayur segar dari Brastagi, Bener Meriah, dan Takengon. Jika anda ingin memesan salad buah dan sayur segar bisa menghubungi nomor Hp ini, 0813 6001 7024.(*

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved