Breaking News:

Berita Kutaraja

Begini Solusi Dishub Urai Kemacetan di Banda Aceh Jelang Hari Raya, Persiapkan Jalan Alternatif

Dishub Kota Banda Aceh sedang mempersiapkan pengalihan jalur lintasan bagi kendaraan roda empat yang akan memasuki Jalan Diponegoro, Pasar Aceh.

Penulis: Misran Asri | Editor: Saifullah
SERAMBINEWS/FOR SERAMBINEWS.COM
Petugas Dishub Kota Banda Aceh disiagakan di pusat penjualan penganan berbuka puasa di Jalan Mohd Jam, Pasar Aceh, Banda Aceh, Minggu (17/4/2022). 

Laporan Misran Asri | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Dinas Perhubungan ( Dishub) Kota Banda Aceh sedang mempersiapkan pengalihan jalur lintasan bagi kendaraan roda empat yang akan memasuki Jalan Diponegoro, Pasar Aceh, jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H atau pada H-7 lebaran.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Banda Aceh, Wahyudi, SSTP, melalui Kepala Bidang Pembinaan dan Pengawasan Keselamatan, Aqil Perdana Kesuma, SH, MH, Minggu (17/4/2022).

Menurut Aqil, memasuki hari ke-15 puasa Ramadhan, belum terlihat tanda-tanda ke macetan di kantong-kantong pusat perbelanjaan, seperti di Jalan Diponegoro, KH Ahmad Jalan, Jalan Mohd Jam, dan sejumlah ruas jalan di kawasan Peunayong, Banda Aceh.

Pun demikian, petugas Dishub Kota bersama aparat Kepolisian dan Satpol PP tetap disiagakan di lokasi-lokasi ke macetan pada sore hari, saat masyarakat berburu penganan berbuka puasa.

"Kondisi lalu lintas masih terkendali, walaupun pada jam-jam tertentu lalu lintas ramai. Tapi, masih cukup lancar dan masih bisa ditolerir," kata Aqil kepada Serambinews.com.

Untuk mempersiapkan berbagai kemungkinan, terutama kemacetan H-7 lebaran dan terjadi perlambatan kendaraan pada malam hari di Jalan Diponegoro, menurut Aqil, pihaknya mulai mempersiapkan rekayasa jalur. 

Baca juga: Hindari Kemacetan Saat Warga Berburu Takjil, Personel Polres Lhokseumawe Atur Lalu Lintas

Rekayasa pertama akan dilakukan untuk kendaraan roda empat yang datang dari arah Jalan KH Ahmad Dahlan menuju Jalan Diponegoro yakni akan dibuat satu arah. 

"Kami persiapkan bagi roda empat yang ingin masuk ke Jalan Diponegoro harus memutar di u-turn depan PLN Cabang Banda Aceh, di Jalan Tentara Pelajar terus menuju Jalan Diponegoro," sebutnya.

Lalu, alternatif rekayasa kedua, jika ternyata pada H-7 arus lalu lintas menuju Jalan Diponegoro tidak terkendali, maka Jalan Diponegoro ditutup total bagi kendaraan roda empat.

"Kita hanya perkenankan roda dua saja yang dibolehkan masuk. Hal ini untuk menghindari kondisi ke macetan parah di kawasan Jalan Diponegoro pada malam hari," ungkap Aqil.

Kabid Pembinaan dan Pengawasan Keselamatan Dishub Kota Banda Aceh ini juga berharap, masyarakat yang ingin berbelanja pada kawasan Jalan Diponegoro pada H-7, agar memperhatikan kondisi lalu lintas di sana.

"Kalau memang padat, kami sarankan untuk memarkirkan kendaraannya di pinggir-pinggir Jalan KH Ahmad Dahlan dan kantong-kantong parkir yang telah disediakan," terang Aqil.

Baca juga: VIDEO - Antisipasi Macet Saat Ramadhan, Polres dan Dishub Aceh Tengah Simulasi Lalu lintas

Kemudian kepada masyarakat yang tujuannya tidak berbelanja atau sekedar sekedar melintas, Aqil mengharapkan, untuk mencari jalan alternatif lain, sehingga tidak terjebak dalam ke macetan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved