Breaking News:

Berita Gayo Lues

Ini Besaran Zakat Fitrah dan Fidiyah Tahun 2022 di Gayo Lues, Tertinggi Rp 34000 per Jiwa

Kakankemenag mengatakan dengan telah ditetapkannya besaran zakat fitrah ini, mengimbau kepada masyarakat untuk membayar zakat fitrah.

Penulis: Agus Ramadhan | Editor: Amirullah
aceh.kemenag.go.id/Inmas Aceh
Kementerian Agama Kabupaten Gayo Lues  menggelar Rapat Koordinasi Penetapan Besaran Zakat Fitrah 1443 H/ 2022 M, Senin (18/4/2022), di aula Kankemenag setempat.  

Ini Besaran Zakat Fitrah dan Fidiyah Tahun 2022 di Gayo Lues, Tertinggi Rp 34000 per Jiwa

SERAMBINEWS.COM, BLANGKEJEREN – Kementerian Agama Kabupaten Gayo Lues  menggelar Rapat Koordinasi Penetapan Besaran Zakat Fitrah 1443 H/ 2022 M, Senin (18/4/2022), di aula Kankemenag setempat. 

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gayo Lues, Drs H Amrun Saleh MA meminta agar semua pihak bekerjasama sebaik mungkin dalam menentukan zakat fitrah dan nilai uangnya.

Hal ini agar masyarakat mengetahui dengan jelas ketentuan yang berlaku.

Ia mengatakan, lesepakatan harus dibuat sebaik mungkin karena masyarakat akan mengikuti Keputusan Bersama yang dikeluarkan secara resmi oleh Kemenag Gayo Lues, Dinas Syariat Islam dan Majlis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Gayo Lues. 

Baca juga: Ini Besaran Zakat Fitrah Tahun 2022 di Aceh Timur, Paling Lambat Ditunaikan Pada 27 Ramadhan

Baca juga: Jangan Asal dalam Membayar Zakat Fitrah untuk Anak di Rantau, Kenapa? Begini Penjelasan Buya Yahya

"Alhamdulilah telah disepakati  bahwa  nilai zakat fitrah tahun ini ditetapkan bersama yaitu sebesar 1,5 bambu + 1 (satu) genggam atau 2,5 Kg atau 10 muk susu cap bendera per jiwa,” kata Amrun.

Jika dikeluarkan dengan uang, maka disesuaikan dengan harga beras yang di konsumsi dengan 3 kategori yaitu beras kelas I, senilai Rp 34.000 per jiwa, untuk jenis beras kelas II Rp 30.000 per jiwa, untuk jenis beras kelas III Rp 27.000 per jiwa.

Sementara untuk besaran Fidiyah juga di bagi dalam 3 kategori yakni, Rp 20.000 atau enam muk beras setiap hari, Rp 15.000 atau empat setengah muk beras setiap hari, dan Rp 10.000 atau tiga muk beras setiap hari. 

Kakankemenag juga menambahkan dengan telah ditetapkannya besaran zakat fitrah ini, mengimbau kepada masyarakat untuk membayar zakat fitrah.

Baca juga: Kemenag Subulussalam Tetapkan Besaran Zakat Fitrah 2022, Wajib Ditunaikan dalam Bentuk Makanan Pokok

Baca juga: Tata Cara dan Bacaan Doa Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri, Istri & Anak, Lengkap dengan Takarannya

Amru mengatakan pembayaran zakat fitrah untuk disegerakan jangan sampai mepet pada malam lebaran Idul Fitri.

Hal itu agar panitia dapat maksimal dalam pendistribusiannya ke masyarakat fakir miskin.

Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kemenag Gayo Lues, Ali Hamzah SH yang memimpin rapat mengajak seluruh peserta rakor untuk dapat melaksanakan hasil musyawarah.

Ia meminta kepada seluruh Kepala Kantor Urusan Agama agar dapat mensosialisasikan ketetapan Besaran  zakat yang disepakati kepada masyarakat di wilayahnya masing-masing. 

Rapat ini dihadiri oleh  Kasubbag TU, Para Kasi, Asisten 1, Ketua MPU, Sekretaris Baitul Mal, Dinas Syariat Islam, Dinas Perindagkop, Ketua NU, Ketua Muhammadiyah, Ketua Al-Wasliyah dan Kepala KUA Kecamatan se Kabupaten Gayo Lues.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved