Breaking News:

Berita Kutaraja

Cakupan Layanan PDAM Tirta Daroy Banda Aceh Sudah Capai 90 Persen, di Atas Rata-rata Nasional

Cakupan atau coverage layanan Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Tirta Daroy Banda Aceh saat ini sudah mencapai 90 persen lebih.

Penulis: Saifullah | Editor: Saifullah
Dok PB PENA
Direktur PDAM Tirta Daroy Banda Aceh, T Novizal Aiyub menjelaskan tentang pelayanan air minum di Kota Banda Aceh yang sudah mencapai 90 persen lebih, Senin (25/4/2022). 

Laporan Saifullah | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Cakupan atau coverage layanan Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Tirta Daroy Banda Aceh saat ini sudah mencapai 90 persen lebih.

Angka ini jauh di atas dari rata rata nasional yang sekarang ini sekitar 60 persen.

Bahkan, lebih tinggi dari coverage PAM Jaya Jakarta yang merupakan ibu kota negara, di mana cakupannya sekitar 70 persen.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur PDAM Tirta Daroy, T Novizal Aiyub, di sela sela acara buka puasa bersama keluarga besar klub bulutangkis, PB Pena, di Bistro Rumah Senja, Senin (25/04/2022) malam.

“Kita telah hadir di semua kecamatan hingga gampong dalam wilayah Kota Banda Aceh,” kata Ampon Yub—sapaan akrab T Novizal Aiyub.

“Hanya beberapa kawasan, seperti perumahan sederhana yang rata rata belum berpenghuni yang belum kita jangkau,” lanjut Direktur PDAM Tirta Daroy ini.

Baca juga: PDAM Tirta Daroy Berubah Nama Jadi Perumda Air Minum Tirta Daroy

Disebutkan Ampon Yub, dengan jumlah pelanggan atau sambungan rumah (SR) sebanyak 53 ribu pelanggan atau 53 ribu KK, maka ada sebanyak 250 ribu lebih (asumsi 1 KK 5 jiwa) warga Banda Aceh telah memanfaatkan air bersih PDAM Tirta Daroy.

Sementara penduduk Kota Banda Aceh saat ini, beber Direktur PDAM Tirta Daroy, terhitung sekitar 270 ribu jiwa.

“Dengan perhitungan prosentase penduduk, juga lebih 90 persen penduduk Banda Aceh telah terlayani dengan air PDAM Tirta Daroy,” tutur Ampon Yub.

Pada bagian lain, Ampon Yub yang didampingi Kabag TU PDAM Tirta Daroy, Azhari memaparkan, saat ini kapasitas debit suplai air PDAM Tirta Daroy mencapai 800 litar per detik.

Secara akumulatif, jumlah itu lebih dari cukup untuk akumulasi penduduk Banda Aceh yang bisa terlayani hanya dengan debit 500-600 liter per detik.

“Namun karena banyak pelanggan yang memakai mesin atau pompa air, maka distribusi ikut terganggu, terutama siang hari atau waktu puncak penggunaan,” urainya.

Baca juga: Suplai Air PDAM Tirta Mon Pase ke Ribuan Pelanggan di Lhokseumawe Masih Terhenti

“Dengan penggunaan itu maka kebutuhan debit bisa mencapai 2.500 liter per detik, ini jelas mengganggu distribusi,” ulas Ampon Yub.

Sebaliknya, sebut Ampon Yub, kala malam hari, kapasitas suplai juga tetap 800 liter/detik.

Tapi akibat banyak jaringan yang jebol sehingga berakibat terjadinya kehilangan suplai atau losses yang mencapai 35 persen, maka distribusi air ke pelanggan juga ikut terganggu.

“Ini dilema bagi kami karena menjadi salah satu penghambat kelancaran distribusi harian,” paparnya.

“Karena itu, persoalan distribusi air terus terjadi, ibarat kebutuhan pangan bagi manusia yang juga tiada henti,” tandas Novizal Aiyub.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved