Breaking News:

Puasa Syawal

Usai Lebaran, Ini Keutamaan Puasa 6 Hari Syawal 2022 Beserta Niat & Jadwal Lengkapnya

Lalu seperti apa keutamaan puasa 6 hari di bulan syawal, niat, tata cara dan jadwal selengkapnya? Serambinews.com merangkumnya sebagai berikut:

Penulis: Sara Masroni | Editor: Muhammad Hadi
Handover/ Tribun Timur
Mulai hari ini, puasa sunah Syawal sudah bisa dilakukan. Puasa Syawal dilakukan selama 6 hari dalam bulan Syawal. Berikut ini niat puasa Syawal 

SERAMBINEWS.COM - Umat muslim di Indonesia pada umumnya baru saja menyelesai shalat Idul Fitri 1443 H dan merayakan lebaran 2022.

Tahun ini pemerintah melalui Kementerian Agama dan warga Muhammadiyah melaksanakan shalat Idul Fitri secara bersamaan pada Senin (2/5/2022).

Usai lebaran, salah satu ibadah sunnah yang tak kalah besar pahalanya yakni puasa 6 hari di bulan Syawal.

Lalu seperti apa keutamaan puasa 6 hari di bulan syawal, niat, tata cara dan jadwal selengkapnya? Serambinews.com merangkumnya sebagai berikut:

Keutamaan Puasa 6 Hari Syawal 2022 Beserta Niat & Jadwalnya Lengkap

Keutamaan Puasa 6 Hari Syawal

Ketua Umum Pengurus Wilayah Ikatan Dai Indonesia (PW IKADI) Aceh, Ustaz Dr Safrilsyah Syarif menjelaskan keutamaan puasa 6 hari di bulan Syawal.

Baca juga: Top Skor Liga Spanyol Karim Benzema Ucapkan Selamat Idul Fitri: Taqabbalallahu Minna wa Minkum

Ia berujar, menurut hadits shahih bahwa berpuasa 6 hari di bulan Syawal akan mendapat pahala seperti berpuasa selama setahun penuh.

Keutamaan tersebut disebutkan dalam hadits riwayat (HR) Muslim nomor 1164.

"Barangsiapa yang telah melaksanakan puasa Ramadhan, kemudian dia mengikutkannya dengan berpuasa selama 6 (enam) hari pada bulan Syawal, maka dia (mendapatkan pahala) sebagaimana orang yang berpuasa selama satu tahun," jelas Ustaz Safril mengutip hadits tersebut saat dihubungi Serambinews.com, Selasa (3/5/2022).

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved