Breaking News:

Berita Banda Aceh

Intisari Khutbah Idul Fitri, Renung Kembali Pesan Rasulullah yang Harus Dilakukan pada Hari Raya

Mari kita berdoa agar Allah menempatkan kita ke dalam golongan orang-orang yang bersih jiwa dan bening hati

Editor: bakri
SERAMBI/HENDRI
Ribuan umat Islam melaksanakan shalat Idul Fitri 1443 Hijriah di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Senin (2/5/2022) pagi. 

“Mari kita berdoa agar Allah menempatkan kita ke dalam golongan orang-orang yang bersih jiwa dan bening hati.

Dan Allah memberikan kemurahan dengan memberi kesempatan kepada kita untuk dapat bertemu lagi dengan bulan suci Ramadhan di tahun mendatang,” pungkas Prof Dr Syahrizal Abbas MA.

Shalat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriah yang dilaksanakan Pemerintah Aceh melalui SKPA terkait berlangsung di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, pada Senin (2/5/2022).

Shalat Ied tersebut dihadiri Gubernur Aceh.

Ir H Nova Iriansyah MT, dan istrinya, Dyah Erti Idawati, bersama unsur Forkopimda Aceh serta ribuan jamaah.

Shalat tersebut diimami oleh Tgk Miswar Muhammad.

Sementara itu, guru besar Universitas Islam Negeria (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, Prof Dr Syahrizal Abbas MA, bertindak sebagai khatib.

Adapun khutbah yang disampaikan Prof Syahrizal berjudul ‘Reaktualisasi Nilai Fitrah dalam Kehidupan Manusia.

Baca juga: Shalat Id dan Perayaan Idul Fitri di Kompleks Masjid Al-Aqsa Yerusalem Berlangsung Damai dan Meriah

Baca juga: Kisah Shalat Idul Fitri WNI di 5 Negara: Pakai Tiga Bahasa hingga Rindu Malam Takbiran

’ Prof Syahrizal dalam khutbahnya mengajak seluruh jamaah Shalat Ied di masjid kebanggaan masyarakat Aceh, itu untuk selalu bersyukur.

Hal tersebut, menurutnya, sesuai dengan firman Allah yang termaktub dalam Al-Qur’an, tepatnya pada Surat Ibrahim ayat 7, yang artinya: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat pedih.

” Mantan Kadis Syariat Islam Aceh itu juga mengajak para jamaah untuk kembali merenungkan tiga pesan Rasulullah yang harus dilakukan pada Hari Raya Idul Fitri yaitu anjuran untuk mengulurkan tangan, saling memaafkan.

“Pemaafan yang kita lakukan haruslah semata-mata karena Allah dan rasa ikhlas yang muncul dari hati sanubari yang paling dalam,” ujar Prof Syahrizal.

Selanjutnya, sambung Prof Syahrizal, Rasulullah juga berpesan agar setiap muslim kembali merajut dan mempererat silaturahmi, saling mengunjungi, dan saling berkomunikasi karena silaturahmi akan memperkuat ukhuwah Islamiyah.

“Terakhir, Rasulullah juga berpesan agar pada Hari Raya, setiap kita dianjurkan untuk mengunjungi orang tua serta meminta maaf dan ampunan atas segala salah dan khikaf.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved