Breaking News:

Berita Jakarta

137 Ribu Penumpang Lewat Bandara Soetta

Pihak Bandara Soekarno-Hatta memperkirakan ada sebanyak 137 ribu pergerakan penumpang yang melintas di Bandara Soekarno-Hatta

Editor: bakri
Foto Humas PT Angkasa Pura II
Suasana di Bandara Soekarno Hatta Cengkareng. 

TANGERANG - Pihak Bandara Soekarno-Hatta memperkirakan ada sebanyak 137 ribu pergerakan penumpang yang melintas di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten pada puncak arus balik, Sabtu (7/5/2022) atau H+5 Lebaran.

Angka tersebut diprediksi terus meningkat pada puncak arus balik 8-9 Mei 2022 mendatang.

Menurut catatan rencana penerbangan tertanggal 7 Mei 2022, sebanyak 171 pergerakan pesawat dengan jumlah 25.446 pergerakan penumpang terjadi di Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta.

Lalu di Terminal 2 tercatat sebanyak 443 pergerakan pesawat dengan jumlah penumpang 63.454 orang.

Sementara di Terminal 3 sebanyak 318 pergerakan pesawat dengan 48.834 pergerakan penumpang.

Sehingga secara keseluruhan rencana penerbangan hari ini mencapai 932 pergerakan pesawat dengan jumlah 137.734 pergerakan penumpang.

Adapun perjalanan udara ke Bandara Soekarno-Hatta pada hari ini paling banyak berasal dari daerah Denpasar, disusul Kualanamu dan Makassar.

Lalu daerah Surabaya dan Padang.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (AP II), Muhammad Awaluddin menuturkan, puncak arus balik Lebaran 2022 di Bandara Soekarno-Hatta terjadi selama tiga hari pada 7--9 Mei 2022.

Baca juga: 24.594 Warga Asing Masuk Indonesia Lewat Bandara Soetta Sejak Awal Juni 2021, Didominasi Warga China

Baca juga: Fakta-fakta Kepulangan Habib Rizieq Shihab: Lambaikan Tangan ke Massa hingga Bandara Soetta Lumpuh

Menurut penuturannya, pada momen puncak arus balik, jumlah penumpang diprediksi bergerak di atas 130 ribu.

"Perkiraan di atas 130 ribu di Bandara Soekarno-Hatta, sedangkan secara menyeluruh di 20 bandara (di bawah AP II) diperkirakan di atas 200 ribu pergerakan penumpang," kata Awaluddin, Sabtu (7/5/2022).

Awaluddin memprediksi akan terjadi peningkatan jumlah penumpang pada puncak arus balik saat ini, terutama tertinggi terjadi pada esok hari, Ahad (8/5/2022).

"Hari ini memang kita berikan atensi khusus dan khususnya juga besok karena perkiraan kami justru besok kita sudah mulai mengantisipasi apabila Bandara Soekarno-Hatta menembus di atas 1.100 pergerakan pesawat dan 150 ribu pergerakan penumpang," katanya.

Siagakan Sub Terminal

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (AP II), Muhammad Awaluddin mengatakan, pihak Bandara Soekarno-Hatta melakukan sejumlah upaya antisipasi terkait puncak arus balik, diantaranya menyiagakan Sub Terminal 1B jika terjadi 'ledakan' penumpang.

Untuk diketahui, terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta kembali dibuka per 1 April 2022 usai dinonaktifkan operasionalnya karena pandemi Covid-19, namun yang beroperasi baru Sub Terminal 1A.(Republika.Co.Id)

Baca juga: Bagasi Penumpang Terlambat Datang di Bandara Soetta, Penumpang Lion Air Mengamuk

Baca juga: Kolaborasi BFLF Indonesia dan PT Angkasa Pura Akan Bangun Rumah Singgah di Bandara Soetta

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved