Breaking News:

Berita Nasional

Viral Ibu Hamil Digendong Seberangi Sungai Beraliran Deras

Seorang ibu hamil di Lombok Tengah, NTB harus digendong sejumlah warga menyeberangi sungai beraliran deras untuk dibawa ke Puskesmas

Editor: Muhammad Hadi
(KOMPAS.COM/IDHAM KHALID)
Tangkapan layar video ibu hamil Henda melahirkan dibopong menyeberangi sungai Menuju Puskesmas Batujangkih, Lombok Tengah 

SERAMBINEWS.COM - Sebuah video yang beredar di media sosial begitu mengudang respon netizen.

Betapa tidak, seorang ibu hamil terpaksa digendong warga untuk menyeberangi sungai berair deras.

Kondisi tersebut terjadi di Nusa Tenggara Barat ( NTB).

Aksi yang dilakukan warga tersebut karena tidak ada jembatan atau jembatan sudah rusak parah.

Seorang ibu hamil di Lombok Tengah, NTB harus digendong sejumlah warga menyeberangi sungai beraliran deras untuk dibawa ke Puskesmas. 

Aksi tersebut terekam dalam sebuah video yang viral di media sosial. 

Dalam video yang berdurasi 1 menit 46 detik itu, ibu hamil yang menggunakan baju bergaris merah putih dan sarung itu digendong dua pria dengan posisi duduk menyeberang sungai.

Baca juga: Empat Pulau Aceh Dicaplok Sumut Sudah Mencuat Sejak 2017, Kenapa Sekarang Baru Heboh?

Sementara terlihat juga ibu-ibu yang turut mengantar ibu hamil menjadi penunjuk arah agar para laki-laki yang bertugas membopong ibu hamil tidak melewati jalan sungai yang dalam.

Kepala Dinas Kesehatan Lombok Tengah dokter Suardi mengungkapkan, peristiwa itu terjadi di Dusun Pemoles, Desa Batujangkih, Kecamatan Praya Barat Daya, Lombok Tengah pada, Sabtu (21/5/2022) sore.

Ibu hamil bernama Dian Sari itu terpaksa digendong lantaran kondisi jembatan penghubung Dusun Pemoles menuju Puskesmas rusak parah. 

"Ini karena jembatan yang di Pemoles rusak, sehingga ibu hamil yang mau melahirkan terpaksa dibopong melewati sungai menuju puskesmas Batujangkih," kata Suardi.

Baca juga: Daftar Negara dengan Penduduk Tercerdas di Dunia: Indonesia Nomor 134, Peringkat 1 Siapa?

Untuk tindak lanjut mengantisipasi kasus serupa, Puskesmas Batujangkih membuat posko pelayanan sekitar jembatan Pemoles di rumah penduduk agar akses pelayanan lebih dekat.

"Tim Nakes Pkm Batujangkih yang akan bertugas di Posko Dusun Pemoles terdiri dari dokter, perawat, bidan, promkes dan kesling dalam bentuk piket," kata Suardi.

Ia menuturkan, ibu hamil itu kini telah melahirkan dengan selamat.

"Pasien atas nama Dian Sari alamat Pemoles, sudah ditangani di Puskesmas Batujangkih, kondisi sudah melahirkan, ibu dan bayinya saat ini dalam keadaan sehat," ucapnya. 

Baca juga: Gejala Virus Cacar Monyet yang Cemaskan Dunia, Ini 12 Negara Sudah Lapor ke WHO

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tak Ada Jembatan, Ibu Hamil Digendong Seberangi Sungai di Lombok Tengah",

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved