Breaking News:

Mihrab

Daftar Khatib & Imam Shalat Jumat di Aceh Besar, Direktur Tahfidz Darul Quran Berkhutbah di Ketapang

Dosen Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar-Raniry ini akan menguraikan mengenai seorang muslim yang meminta sesuatu kepada manusia.

Penulis: Agus Ramadhan | Editor: Habibi
FOR SERAMBINEWS.COM
Direktur Pesantren Tahfidz Darul Quran Aceh, Tgk Hajarul Akbar SPd SHI MA, akan menyampaikan khutbah Jumat di Masjid Babul Iman Ketapang pada 27 Mei 2022. 

Daftar Khatib & Imam Shalat Jumat di Aceh Besar, Direktur Tahfidz Darul Quran Berkhutbah di Ketapang

SERAMBINEWS.COM, JANTHO - Direktur Pesantren Tahfidz Darul Quran Aceh, Tgk Hajarul Akbar SPd SHI MA, akan menyampaikan khutbah Jumat di Masjid Babul Iman Ketapang pada 27 Mei 2022.

Bertepatan 26 Syawal 1443, Tgk Hajarul akan mengangkat topik “Menjaga Hubungan dengan Allah Swt”. 

Dosen Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar-Raniry ini akan menguraikan mengenai seorang muslim yang meminta sesuatu kepada manusia.

Tgk Hajarul mengatakan, mungkin satu, dua atau tiga kali meminta sama manusia masih diberi, namun bila meminta berulangkali, maka bisa saja akan dimarahi, dicaci-maki, bahkan bisa disuruh pergi.

“Namun kebalikannya, meminta pada Ilahi, malah Allah sangat menyukai, bahkan hambanya yang tidak meminta kepada Allah dan menjaga hubungan tersebut termasuk orang-orang yang sombong,” ujarnya.

Baca juga: Bacaan Surat Yasin & Doa Tahlil di Malam Jumat, Lengkap dengan Latin dan Artinya

Menurut alumni IIQ Jakarta dan mahasiswa doktoral PPS UIN Ar-Araniry ini, shalat adalah salah satu sarana doa yang amat sangat dianjurkan, dengan cara memperbanyak shalat-shalat sunnah.

“Diantara ciri-ciri orang hamba Allah yang beriman adalah selalu berdoa,” katanya.

Ditambahkannya, Allah berjanji selalu menerima setiap permintaan hambaNya, sebagaimana firman Allah dalam QS Al-Baqarah ayat186.

وَاِذَا سَاَلَكَ عِبَادِيْ عَنِّيْ فَاِنِّيْ قَرِيْبٌ ۗ اُجِيْبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ اِذَا دَعَانِۙ فَلْيَسْتَجِيْبُوْا لِيْ وَلْيُؤْمِنُوْا بِيْ لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُوْنَ

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya  kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku agar mereka memperoleh kebenaran.” 

Baca juga: Inilah 3 Manfaat Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat, Dimapuni Dosa hingga Terhindar Fitnah Dajjal

Karena itu, Tgk Hajarul Akbar meminta jamaah Jumat, perbanyaklah berdoa, karena doa adalah inti dari ibadah. Kekuatan doa bisa mengubah nasib dan takdir. 

“Nasib hidup kita dalam kendali Allah, ditakdirkan baik maupun buruk itu mutlak keputusanNya, maka perbanyaklah memohon pada-Nya,” katanya.

“Cara Allah terima doa hamba terkadang secara langsung kepada yang meminta atau tidak langsung yakni disehatkan dan disejahterakan keluarga, kerabat dan sahabatnya terlebih dulu, terkadang diterima kala masih hidup, terkadang kala kita telah tiada,” sambungnya

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved