Breaking News:

Berita Olahraga

Kejuaraan Catur Aceh 2022 Berakhir, Atlet Pelatda PON Kampiun, MN Asal Kaltim Juara Tiga

Atlet Pelatda KONI Aceh yang dipersiapkan untuk PON 2024, Master Nasional (MN) Sarmadoli Siringo Ringo meraih juara pertama Kejuaraan Catur Aceh 2022.

Penulis: Saifullah | Editor: Saifullah
Foto Dok Percasi Aceh
Atlet Pelatda PON, MN Sarmadoli (kanan), saat bertanding di babak akhir Kejuaraan Catur Aceh 2022 di Banda Aceh, Selasa (7/6/2022). 

Laporan Saifullah | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Atlet Pelatda KONI Aceh yang dipersiapkan untuk PON 2024, Master Nasional (MN) Sarmadoli Siringo Ringo meraih juara pertama Kejuaraan Catur Aceh 2022 yang berlangsung 1-7 Juni 2022, di Banda Aceh.

Ketua Wasit Kejuaraan Catur Aceh 2022, Annissa Faraliana FA, Selasa (7/6/2022), mengatakan, MN Sarmadoli meraih juara pertama setelah mengumpulkan delapan poin dari sembilan babak yang dipertandingkan.

"MN Sarmadoli menjuarai Kejuaraan Catur Aceh 2022 setelah meraih delapan poin. MN Sarmadoli meraih delapan poin dari tujuh kali menang dan dua kali remis," kata Annissa Faraliana.

Sedangkan posisi kedua diraih MN Irwandi yang juga atlet Pelatda PON dengan 7,5 poin.

Serta juara ketiga, atlet muda bergelar MN dari Kalimantan Timur, Dicky Aditya, dengan tujuh poin.

Sementara, Master Fide (MF) Zulkhairi hanya berada di posisi keempat yang juga mengumpulkan tujuh poin.

Baca juga: Atlet Pelatda PON, MN Sarmadoli Pimpin Klasemen Sementara Kejuaraan Catur Aceh 2022

MF Zulkhairi merupakan atlet Pelatda PON 2024. Pada Pekan Paralimpik 2021, MF Zulkhairi memperkuat Provinsi Papua.

"Persaingan di papan atas Kejuaraan Catur Aceh 2022 berlangsung ketat. Para juara baru bisa ditentukan pada babak akhir karena selisih poin para pe catur tidak mencolok," kata wasit catur internasional asal Aceh tersebut.

Kejuaraan Catur Aceh 2022 diikuti seratusan pe catur dari 23 kabupaten/kota di Aceh serta seorang pe catur muda bergelar Master Nasional asal Kalimantan Timur, Dicky Aditya.

Kejuaraan catur tersebut memperebutkan hadiah total Rp 40 juta.

Sebelumnya, Ketua Umum Pengurus Provinsi Percasi Aceh, Ihsanuddin MZ mengatakan, kejuaraan catur tersebut merupakan ajang pembinaan sekaligus uji coba bagi atlet catur Aceh.

"Kejuaraan ini juga program Pengurus Provinsi Percasi Aceh dalam menggalakkan dan memajukan olahraga catur. Kejuaraan ini diharapkan menjadi ajang uji coba bagi atlet catur Aceh meningkatkan kemampuannya," kata Ihsanuddin.

Baca juga: Percasi Aceh Gelar Kejuaraan Catur Berhadiah Puluhan Juta, Catat Jadwal Pelaksanaannya

Selain itu juga, even ini menjadi ajang pemanasan bagi atlet Aceh yang mengikuti Pemusatan Latihan Daerah atau Pelatda Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024.

“Di mana Aceh dan Sumatera Utara menjadi tuan rumah pesta olahraga terbesar di Indonesia tersebut,” ujar anggota DPRA ini.

"Sebagai ajang uji coba, panitia mengundang pe catur muda berprestasi di tingkat nasional. Mereka bertanding dengan atlet Aceh dalam kejuaraan tersebut," tukas Ihsanuddin didampingi Ketua Harian Pengurus Provisi Percasi Aceh, Qamaruzzaman Hagny.

Kejuaraan catur tersebut ditutup secara resmi oleh Ketua Harian Pengprov Percasi Aceh, Qamaruzzaman Hagny.

Seremoni penutupan kejuaraan dihadiri Kepala Dinas Pemuda Olahraga (Kadispora) Provinsi Aceh, Dedi Yuswadi diwakili Kepala Seksi Pembinaan Peningkatan Prestasi Olahraga, Muksalmina.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved