Breaking News:

Berita Simeulue

229 Siswa SMA dan SMK Kabupaten Simeulue Lulus SBMPTN 2022

229 orang siswa dari Kabupaten Simeulue merupakan daerah kepulauan di Provinsi Aceh lulus Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) melalui SBMPTN

Editor: Muhammad Hadi
FOR SERAMBINEWS.COM
Kacabdin Simeulue, Al Amin bersama guru dan siswa setelah pelaksanaan UTBK di salah satu SMK di Simeulue 

SERAMBINEWS.COM, SINABANG - Sebanyak 229 orang siswa dari Kabupaten Simeulue merupakan daerah kepulauan di Provinsi Aceh dinyatakan lulus Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Secara keseluruhan sebanyak 6.300 orang siswa Aceh lulus SBMPTN berbagai universitas di Indonesia dan menempatkan Provinsi Aceh peringkat kedelapan nasional.

Seperti diberitakan sebelumnya, hal itu berdasarkan pengumuman dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT) yang menempatkan Provinsi Aceh di posisi kedelapan nasional lulus UTBK jalur SBMPTN.

Pengumuman itu disampaikan langsung oleh Ketua Umum LTMPT, Prof Mochamad Anshari dalam konferensi pers ditayangkan secara live di Kanal Youtube resmi LTMPT di gedung Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek), Jakarta. Kamis 23 Juni 2022 yang lalu.

Baca juga: 6,3 Ribu Siswa Aceh Lulus SBMPTN Berbagai Universitas, Aceh Kembali Duduki Peringkat 8 Nasional

Menanggapi lulusnya 229 orang siswa dari Kabupaten Simeulue, Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Wilayah Simeulue, Al Amin SPd, kepada serambinews.com, Minggu (26/06), mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Aceh.

"Dukungan dari Gubernur Aceh, Nova Iriansyah MT dan Sekretaris Daerah Aceh, dr Taqwallah MKes serta dibawah komando Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs Alhudri MM, telah mampu mempertahankan peringkat kedelapan nasional SBMPTN," kata Al Amin.

Korwas SMA/SMK Simeulue sedang meninjau pelaksanaan UTBK di SMA 2 Simeulue Barat beberapa waktu lalu
Korwas SMA/SMK Simeulue sedang meninjau pelaksanaan UTBK di SMA 2 Simeulue Barat beberapa waktu lalu (FOR SERAMBINEWS.COM)

Dikatakannya, lulusnya 229 orang siswa jalur SBMPTN tidak terlepas dari kerja keras seluruh pihak, mulai dari kepala sekolah, guru, tenaga pendidik, komite sekolah, masyarakat dan stakeholder lainnya di Kabupaten Simeulue dalam mewujudkan Aceh Caroeng.

Baca juga: Walau Gagal SBMPTN di Unsam Langsa, Peserta Masih Punya Kesempatan Lewat Jalur Mandiri

Lebih lanjut Kacabdin Wilayah Simeulue menjelaskan, sebanyak 34 sekolah jenjang SMA dan SMK yang berada di Kepulauan Simeulue berhasil menempatkan 229 orang siswa lulus SBMPTN atau naik 15 persen dari tahun sebelumya.

Ditambahkannya, siswa yang lulus SBMPTN itu selain menempati kampus di Aceh seperti Universitas Syiah Kuala (USK), Universitas Malikussaleh (Unimal), Universitas Teuku Umar (UTU), Universitas Samudera (Unsam), juga ada yang lulus di Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Negeri Padang (UNP) dan Universitas Andalas (Unand) Sumatera Barat.

"SMA Negeri 1 Sinabang, SMA Negeri 1 Teupah Barat, SMA Negeri 1 Alafan, SMA Negeri 1 Simeulue Tengah dan SMA Negeri 2 Simeulue Barat, merupakan sekolah yang banyak meluluskan siswanya jalur SBMPTN, semoga tahun depan bisa dipertahanka dan ditingkatkan lagi," imbuh Al Amin.(*)

Baca juga: Ini Jadwal dan Cara Daftar Jalur Mandiri di USK, Alternatif Buat yang Belum Lulus SBMPTN 2022

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved