Breaking News:

Berita Banda Aceh

Pimpinan DPRA Pastikan Pj Gubernur Aceh bukan dari Kalangan Sipil 

Kemendagri sudah mengagendakan jadwal pelantikan penjabat (Pj) Gubernur Aceh di Sasana Bhakti Praja, Gedung C Lantai 3, Kemendagri, Jakarta

Penulis: Masrizal Bin Zairi | Editor: Muhammad Hadi
For Serambinews.com
Wakil Ketua DPRA Safaruddin SSos MSP 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sudah mengagendakan jadwal pelantikan penjabat (Pj) Gubernur Aceh di Sasana Bhakti Praja, Gedung C Lantai 3, Kemendagri, Jakarta pada Selasa (5/7/2022) pukul 16.00 WIB.

Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) memastikan sosok yang akan dilantik sebagai Pj Gubernur adalah salah satu nama yang mereka usulkan sebelumnya.

" Pimpinan DPRA pastikan Pj Gubernur Aceh salah satu dari nama yang diusulkan," kata Wakil Ketua DPRA, Safaruddin di Banda Aceh, Senin (4/7/2022).

Saat ditanya siapa sosok yang ditetapkan sebagai Pj Gubernur Aceh oleh Presiden RI, Safaruddin tidak menyebutkan namanya tapi hanya memastikan bukan dari kalangan sipil. 

Baca juga: Besok, Pj Gubernur Aceh Dilantik di Kemendagri, Diduga Ini Sosok Pengganti Nova

Sebelumnya, DPRA mengusulkan tiga nama calon Pj Gubernur Aceh ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di Kantor Kemendagri, Jakarta pada Senin 20 Juni 2022. 

Ketiga nama calon pengganti Gubernur Aceh Nova Iriansyah yang purna tugas pada Selasa (5/7/2022) yaitu Indra Iskandar, Safrizal ZA dan Mayjen TNI Achmad Marzuki.

Sekjen DPR RI, Dr Ir Indra Iskandar MSi
Sekjen DPR RI, Dr Ir Indra Iskandar MSi (For Serambinews.com)

Untuk diketahui, Indra Iskandar merupakan putra Aceh yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI).

Sementara Safrizal ZA juga putra Aceh yang saat ini mengemban amanah sebagai Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayah di Kementerian Dalam Negeri (Adwil Kemendagri).

Dirjen Adwil Kemendagri, Safrizal ZA
Dirjen Adwil Kemendagri, Safrizal ZA (For Serambinews.com)

Sedangkan Mayjen TNI Achmad Marzuki adalah mantan Pangdam Iskandar Muda (IM) yang merupakan pria kelahiran Bandung, 24 Februari 1967.

Sejak 25 Maret 2022, ia mengemban amanat sebagai Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Kewaspadaan Nasional Lemhannas.

Pangdam IM, Mayjen TNI Mayjen TNI Achmad Marzuki bersama istri saat tiba di Makodam IM, Kamis (26/11/2020).
Pangdam IM, Mayjen TNI Mayjen TNI Achmad Marzuki bersama istri saat tiba di Makodam IM, Kamis (26/11/2020). (SERAMBINEWS.COM/SUBUR DANI)

Ketiga nama itu diusul menindaklanjuti Surat Mendagri yang ditujukan kepada Ketua DPRA tertanggal 14 Juni 2022 perihal usulan nama calon penjabat Gubernur Aceh.(*)

Baca juga: Besok Berakhir Jabatan, Hari Ini Nova Iriansyah Lantik Tiga Pejabat Eselon II

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved