Breaking News:

Pelayanan Publik

Hingga Juli 2022, Ombudsman Perwakilan Aceh Terima 93 Laporan, Didominasi Pelayanan Publik

Selain peningkatan pelayanan kepada masyarakat, saat ini pihaknya terus mengupayakan pencegahan baik itu bekerja sama dengan pemerintah dan instusi te

Editor: Ansari Hasyim
SERAMBINEWS/INDRA WIJAYA
Kepala Ombudsman RI Perwakilan Aceh, Dian Rubianty mengatakan, dari 93 laporan yang diterima, 33 dari laporan masyarakat, satu laporan inisiatif Ombudsman, non laporan 39 kasus, dan kemudian TBS 20 kasus. 

Laporan Indra Wijaya | Jantho

SERAMBINEWS.COM, JANTHO - Sepanjang tahun 2022, Ombudsman RI Perwakilan Aceh sudah menerima 93 laporan masyarakat terkait pelayanan publik, Selasa (5/7/2022).

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Aceh, Dian Rubianty mengatakan, dari 93 laporan yang diterima, 33 dari laporan masyarakat, satu laporan inisiatif Ombudsman, konsultasi non laporan 39 kasus, dan kemudian tembusan 20 kasus.

"Kalau klasifikasi laporannya itu berdasarkan bidang, untuk kepegawaian 17 persen, agraria 14 persen, pedesaan 10 persen. Paling di dominasi itu soal pelayanan publik," kata Dian kepada Serambinews.com.

Selain peningkatan pelayanan kepada masyarakat, saat ini pihaknya terus mengupayakan pencegahan baik itu bekerja sama dengan pemerintah dan instusi terkait.

Laporan ke Ombudsman Aceh Tahun 2021 Naik Drastis, Pemko Banda Aceh yang Paling Banyak Dilaporkan

Pasal menurutnya, jika sudah dilakukan pencegahan terlebih dahulu di hulu, segala masalah terkait pelayanan publik di hilir tidak terjadi. Terlebih, saat ini pihaknya juga membuka gerai pengaduan di sejumlah kabupaten/kota di Aceh, tapi sifatnya tidak permanen.

"Nah, dengan adanya gerai pengaduan ini pula, dapat lebih memudahkan masyarakat untuk melakukan pelaporan kepada masyarakat," ungkapnya.

Meski belum semua daerah dibuka gerai pengaduan, pihaknya berupaya menjembatani segala permasalahan yang dapat dilakukan dengan mediasi.

"Meski begitu kita akan tetap melakukan verifikasi dengan laporan masyarakat. Kita upayakan akan terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat," pungkasnya.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved