Breaking News:

Berita Kutaraja

Segera Digelar! Aceh Culinary Festival 2022 Hadirkan Kuliner Khas 23 Daerah & Provinsi di Indonesia

Ada yang unik dalam pelaksanaan Festival Kuliner Aceh tahun ini, di mana peserta maupun kuliner yang disediakan akan mewakili 23 kabupaten/kota.

Penulis: Muhammad Nasir | Editor: Saifullah
Segera Digelar! Aceh Culinary Festival 2022 Hadirkan Kuliner Khas 23 Daerah & Provinsi di Indonesia
serambi indonesia
Masakan kepiting asam manis dipajang di arena Festival Kuliner Aceh di Taman Sri Ratu Safiatuddin, Banda Aceh, Kamis (29/6/2013). Setelah sempat vakum gegara pandemi Covid-19, pada tahun 2022 ini, Festival Kuliner Aceh kembali digelar.

Laporan Muhammad Nasir I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Aceh Culinary Festival 2022 (ACF22) atau Festival Kuliner Aceh segera hadir kembali menyapa para pecinta kuliner.

Pagelaran wisata kuliner tahunan ini dijadwalkan akan digelar pada 5-7 Agustus 2022, di Taman Sulthanah Safiatuddin (Taman PKA), Kota Banda Aceh.

Ada yang unik dalam pelaksanaan Festival Kuliner Aceh tahun ini, di mana peserta maupun kuliner yang disediakan akan mewakili 23 kabupaten/kota.

Bahkan, sejumlah provinsi di Indonesia juga akan hadir untuk memperkenalkan kuliner daerahnya masing-masing.

Sebagai salah satu event unggulan Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Aceh Culinary Festival 2022 direncanakan kembali menyapa para penikmatnya secara offline atau langsung.

Mengusung tema "Indonesia’s Food Tourism", ACF22 menawarkan destinasi wisata kuliner atau “surga” bagi para food traveler, terutama bagi Anda penggemar cita rasa makanan khas Nusantara.

Baca juga: Catat! Aceh Culinary Festival 2022 Segera Digelar, Saatnya Berburu Kuliner Khas Nusantara

Festival Kuliner Aceh tahun ini masuk ke dalam Top 10 Kharisma Event Nusantara (KEN) oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Kepala Disbudpar Aceh, Almuniza Kamal menyampaikan, event yang telah dilaksanakan sejak tahun 2014 ini telah tumbuh menjadi salah satu ajang wisata yang diperhitungkan secara nasional.

Bahkan, sejak tahun 2018, Aceh Culinary Festival selalu masuk ke dalam agenda Top 100 Event Kemenparekraf RI.

"Ini adalah tahun ke-8 diselenggarakannya Aceh Culinary Festival. Alhamdulillah, tahun ini Aceh Culinary Festival naik peringkat, masuk agenda top 10 kalender event nasional yang diluncurkan Kemenparekraf RI," kata Almuniza di Banda Aceh, Selasa, (5/7/2022).

Ia menjelaskan, ACF22 memiliki misi melestarikan dan mempromosikan kuliner-kuliner tradisional nusantara, khususnya masakan Aceh.

Seperti kita ketahui, Aceh sendiri telah lama dikenal sebagai provinsi dengan ragam kulinernya yang lezat dan kaya rempah.

Baca juga: Aceh Culinary Festival 2022 Digelar Agustus

" Kuliner-kuliner Aceh bisa menjadi magnet pariwisata yang membesarkan nama Indonesia di mata dunia,” urai dia.

“Saya optimis ACF turut ikut membangkitkan peluang usaha dan lapangan kerja seluas-luasnya, serta ragam kuliner Aceh bisa ikut menjadi bagian dari pertumbuhan ekonomi positif," sebutnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved