Breaking News:

Berita Aceh Tengah

Mahasiswa KKN Kolaborasi USK dan UTU XXI-119 Launching Klinik Stunting Pertama di Aceh

Mahasiswa KKN Kolaborasi USK dan UTU Periode XXI-119 melaksanakan launching Klinik Stunting di Desa Burni Bius Baru kecamatan Silih Nara

Editor: Syamsul Azman
SERAMBINEWS.COM
Mahasiswa Kkn Kolaborasi Usk Dan Utu XXI-119 Launching Klinik Stunting Pertama di Aceh 

SERAMBINEWS.COM - Mahasiswa KKN Kolaborasi USK dan UTU Periode XXI-119 melaksanakan launching Klinik Stunting di Desa Burni Bius Baru kecamatan Silih Nara Kabupaten Aceh Tengah, Selasa (05 Juli 2022).

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program kerja kelompok bermitra yang bekerjasama dengan pihak Puskesmas Silih Nara dan Pemerintah Desa Burni Bius Baru, kegiatan tersebut diusung dengan tema “Wujudkan Generasi Berkualitas Bebas Stunting Mulai Dari Kita”.

Dalam kata sambutan ketua kelompok KKN-119, Fairuz Salasamuharram menyampaikan Klinik Stunting ini merupakan wadah KIE (Konsultasi, Informasi dan Edukasi) bagi masyarakat desa mengenai persoalan seputar stunting serta penanggulangannya dan sebagai jembatan komunikasi antara Pemerintah Desa Burni Bius Baru dengan Puskesmas Silih Nara dalam menekan angka stunting di tingkat desa.

Kemudian Reje (Keuchik) Burni Bius Baru Iskandar, S.Pd.I juga dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan sebuah inovasi yang sangat baik bagi desa dalam menekan angka stunting.

Meskipun Burni Bius Baru memiliki angka stunting yang sangat rendah, namun Klinik Stunting ini bisa dijadikan sebagai pusat informasi dan pencegahan stunting kedepannya serta kegiatan ini sejalan program desa dalam mewujudkan desa “Ramah Perempuan dan Peduli Anak”.

Setelah Klinik Stunting di-launching, dilanjutkan dengan kegiatan perdana yaitu edukasi mengenai stunting yang disampaikan oleh Bidan Desa, Dosen FKM UTU dan Dosen FKep USK yang juga sebagai Dosen Pendamping Lapangan KKN XXI-119, Ns. Nurhasanah, M.Kep.

Ns. Nurhasanah, M.Kep. dalam penyampaian materinya, pencegahan stunting bisa dimulai sejak dini melalui pemberian ASI eksklusif terhadap bayi, karena ASI eksklusif memiliki manfaat utama dalam mencegah bayi agar tidak mudah terserang penyakit dan membantu perkembangan otak dan fisik pada bayi.

Ia juga menambahkan mari bersama sama untuk menanamkan pola pikir bahwa pemberian ASI lebih baik daripada pemberian susu formula bagi bayi. (*)

Mahasiswa KKN Kolaborasi USK dan UTU Periode XXI-119 melaksanakan launching Klinik Stunting di Desa Burni Bius Baru Kecamatan Silih Nara kabupaten Aceh Tengah,
Mahasiswa KKN Kolaborasi USK dan UTU Periode XXI-119 melaksanakan launching Klinik Stunting di Desa Burni Bius Baru Kecamatan Silih Nara kabupaten Aceh Tengah, (SERAMBINEWS.COM)
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved