Breaking News:

Berita Banda Aceh

DPRA Rombak AKD, Pon Yaya Minta Fraksi Kirim Nama, Demokrat Bakal Dapat Jatah

"Kami mengharapkan kepada para ketua fraksi untuk mengusulkan kembali anggota AKD kepada pimpinan DPRA Cq Sekretaris DPRA paling lambat Hari Jumat...

Penulis: Masrizal Bin Zairi | Editor: Nurul Hayati
FOR SERAMBINEWS.COM
Ketua DPRA, Saiful Bahri alias Pon Yaya. 

"Kami mengharapkan kepada para ketua fraksi untuk mengusulkan kembali anggota AKD kepada pimpinan DPRA Cq Sekretaris DPRA paling lambat Hari Jumat tanggal 15 Juli 2022 pukul 10.00 WIB," bunyi surat tersebut.

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) akan melakukan perombakan pengisian Alat Kelengkapan DPRA (AKD), setelah berlalunya masa tugas 2,5 tahun.

Ketua DPRA, Saiful Bahri alias Pon Yaya telah menyurati semua ketua fraksi di DPRA pada Kamis (14/7/2022) jelang tengah malam yang isinya meminta fraksi segera mengusulkan kembali anggota AKD.

Tujuannya untuk mempercepat proses penempatan anggota dari fraksi di DPRA dalam AKD setelah 2,5 tahun masa tugas dalam AKD, sesuai dengan Peraturan DPRA Nomor 1 tahun 2019 tentang Tata Tertib DPRA.

"Kami mengharapkan kepada para ketua fraksi untuk mengusulkan kembali anggota AKD kepada pimpinan DPRA Cq Sekretaris DPRA paling lambat Hari Jumat tanggal 15 Juli 2022 pukul 10.00 WIB," bunyi surat tersebut.

Posisi AKD yang akan diisi nantinya terdiri atas Komisi I sampai dengan Komisi VI, Badan Musyawarah (Banmus), Badan Anggaran (Banggar), Badan Legislasi (Banleg), dan Badan Kehormatan DPRA (BKD).

Baca juga: DPRK Langsa Bentuk AKD Komisi dan Fraksi Baru, Ini Nama-nama Baru Alat Kelengkapan Dewan

Dalam suratnya Pon Yaya menyebutkan, bahwa seluruh anggota DPRA kecuali pimpinan DPRA wajib ditempatkan dalam salah satu komisi.

Kemudian, terhadap pengisian anggota Banmus serta Banggar, dilakukan secara proposional sesuai dengan jumlah masing-masing anggota fraksi.

Sedangkan jumlah anggota Banleg paling banyak sejumlah anggota komisi yang terbanyak.

Khusus calon anggota BKD diajukan oleh masing-masing fraksi 1 orang calon, untuk dipilih dan ditetapkan menjadi anggota Badan Kehotmatan dalam rapat paripurna DPRA.

Menurut informasi, pengumuman perombakan AKD akan disampaikan dalam rapat paripurna DPRA pada Jumat (15/7/2022) siang ini.

Menariknya, dalam perombakan kali ini semua fraksi mendapat jatah. 

Termasuk Fraksi Demokrat yang sejak tahun pertama periode 2019-2024 tidak mendapat posisi di AKD.

Terkait reposisi anggota AKD, Ketua Fraksi Demokrat di DPRA Nurdiansyah Alasta mengatakan pihaknya akan menempatkan anggota di AKD sesuai kualifikasi.

"Insya Allah nantinya kami akan melakukan penyegaran untuk menempatkan anggota sesuai kualifikasi dan latar belakangnya, agar lebih efektif kerja-kerja kita ke depan," katanya.(*)

Baca juga: AKD Sudah Berjalan Sesuai Fungsi


 

 
 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved