Breaking News:

Berita Langsa

Dosen Unsam Bantu Mesin Penetas dan Ajari Peternak Ayam di Meudang Ara Langsa Timur

Dosen Fakultas Pertanian Universitas Samudra melakukan pemberdayaan peternak ayam ras dengan DOC bersertifikat Platinum di Gamppng Medang Ara

Penulis: Zubir | Editor: Muhammad Hadi
FOR SERAMBINEWS.COM
Tim KPM Dosen Pertanian Unsam Langsa bersama mahasiswa dan sejumlah peternak ayam usai menyerahkan mesin penetas. 

Laporan Zubir | Langsa 

SERAMBINEWS.COM, LANGSA - Dosen Fakultas Pertanian Universitas Samudra melakukan pemberdayaan peternak ayam ras dengan DOC bersertifikat Platinum di Gamppng Medang Ara , Kecamatan Langsa Timur.

Kegiatan pengabdian masyarakat (KPM) merupakan salah satu kegiatan tridharma perguruan tinggi, dimana kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan pendapatan peternak ayam ras itu.

KPM ini diketuai oleh Kiagus Muhammad Zain Basriwijaya, S.Pt M.Si, beranggotakan Faoeza Hafiz Saragih, S.P., M.Sc dan Suheri serta berapa mahasiswa yang ikut membantu kegiatan ini.

Ketua KPM, Kiagus Muhammad Zain Basriwijaya, S.Pt., M.Si, Rabu (20/7/2022), menyebutkan, usaha peternakan ayam ras sangat berpotensi untuk dikembangkan karena pemeliharaannya cukup mudah dan waktu pemeliharaan yang relatif singkat. 

Disamping itu, peternak di Gampong Medang Ara memiliki permasalahan pada penyediaan bibit dikarenakan harga bibit yang semakin lama semakin tinggi. 

Baca juga: Mobil Mewah Masuk Garasi Barang Bukti Kejari Bireuen, BB Lain Emas Batangan dan Uang Miliaran

Dalam hal ini, tim KPM memberikan bantuan alat inovasi berupa mesin tetas yang dapat digunakan sebagai alternatif dalam permasalahan penyediaan bibit, sehingga dapat menunjang pendapatan peternak.

Kiagus menambahkan, keuntungan menggunakan penetasan telur dengan mesin tetas adalah mesin ini dapat menampung kapasitas telur yang banyak.

Selain itu juga untuk tingkat keberhasilan penetasan lebih besar, dan juga mesin ini dapat digunakan terus menerus tanpa dipengaruhi musim atau cuaca.

Baca juga: Dosen Fakultas Pertanian USK Sosialisasi Budidaya Itik Petelur Organik di Gampong Lampuja

"Target dicapai pada KPM ini adalah untuk membantu meningkatkan pendapatan peternak ayam ras menggunakan inovasi mesin tetas telur yang akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan peternak," jwlasnya.

Dalam kegiatan ini tim KPM langsung mempraktekkan bagaimana cara penggunaan dan cara kerja mesin tetas agar nantinya peternak bisa langsung menggunakannya dengan benar. 

Baca juga: Besok, Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki Lantik Pj Bupati Simeulue

Sementara para peserta peternak ayam di Gampong Medang Ara ini juga terlihat sangat antusias mengikutinya hingga penghujung kegiatan.

Keuchik Gampong Medang Ara, sangat mengapresiasi kegiatan pengabdian ini dan berharap dapat membantu meningkatnya pendapatan peternak sekaligus menambah wawasan pengetahuan baru bagi peternak.

"Kami juga sangat berterimakasih atas bantuan yang telah diberikan, yaitu mesin tetas yang nantinya dapat digunakan oleh peternak," tutup Keuchik Medang Ara. (*)

Baca juga: Artis Mualaf Asal Korea Selatan Pamer Adik Ikut Wajib Militer: Satu-satunya Prajurit Muslim

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved