Breaking News:

Promosi Wisata

Anggota DPRA Minta Disbudpar Promosikan Wisata Sungai Alas

Agara memiliki potensi obyek wisata yang mendunia. Ini harus menjadi perhatian Disbudpar Aceh untuk mempromosikan potensi wisata di Tanoh Alas.

Penulis: Asnawi Luwi | Editor: Taufik Hidayat
For Serambinews.com
Wakil Ketua Komisi IV DPRA,  Muchlis Zulkifli ST. 

Laporan Asnawi | Aceh Tenggara

SERAMBINEWS.COM, KUTACANE - Anggota DPR Aceh, Muchlis Zulkifli ST, meminta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh untuk mempromosikan potensi wisata Sungai Alas Ketambe dan potensi wisata lainnya di Aceh Tenggara.

"Selama ini obyek wisata di Aceh Tenggara kurang dipromosikan, padahal memiliki potensi yang mendunia seperti TNGL dan Sungai Alas Ketambe lokasi Arung Jeram PON XXI 2024 mendatang," ujar Muchlis Zulkifli ST kepada Serambinews.com, Jumat (22/7/2022).

Ia menyebutkan, Agara memiliki potensi obyek wisata yang mendunia. Ini harus menjadi perhatian Disbudpar Aceh untuk mempromosikan potensi wisata di Tanoh Alas.

"Saya sangat mendukung promosi potensi wisata di Agara untuk mendongkrak pertumbuhan perekonomian masyarakat. Misalnya Sungai Alas dijadikan sebagai lokasi even Arung Jeram teragendakan dan mempromosikan lokasi-lokasi wisata yang tersebar di Agara seperti festival ikan air tawar, bumi berkemah pelajar di kaki TNGL Ketambe dan festival seni dan budaya di Bumi Sepakat Segenap,” katanya.

Festival sungai Alas ini penting untuk mempromosikan potensi wisata di Aceh Tenggara. Ini sangat penting untuk mendongkrak perekonomian masyarakat pada sektor pariwisata.

“Festival Sungai Alas ini diusulkan seperti rafting, perahu tradisional dan membersihkan DAS Kali Alas," ujar Kadisparpora Agara Bakri Saputra Spd MSi melalui Kabid Pariwisata Indra Wahyudi.

Dikatakan Bakri Saputra, festival Sungai Alas sulit dilaksanakan jika dialokasikan anggaran dari Pemkab Agara, jadi mereka berharap dapat dialokasikan anggaran Otsus Aceh untuk mempromosikan potensi wisata di Ketambe.

Menurut Bakri Saputra, Aceh Tenggara akan menjadi tuan rumah even lomba Arung Jeram PON XXI tahun 2024.

Jadi, untuk mempromosikan potensi wisata sebelum memasuki even Arung Jeram PON 2024 di Aceh Tenggara, setidaknya akan dilaksanakan festival Sungai Alas untuk mempromosikan obyek wisata Sungai Alas grade 6 ke wisatawan lokal maupun mancanegara.

Apalagi Agara pernah terkenal potensi wisata Ketambe yang telah mendunia atau dijuluki hutan Ketambe di kaki Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) sebagai paru -paru dunia dan Sungai Alas yang terkenal ganas dan pernah menjadi even arung jeram Internasional serta Ketambe sebagai tempat pertemuan para Walikota Se Negara Asia untuk mempromosikan obyek wisata Ketambe disaat kepemimpinan Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, katanya.(*)

Baca juga: Sungai Alas Jadi Venue Arung Jeram PON XXI 2024, Anggota DPRA Ucap Ini ke Pj Gubernur & KONI Aceh 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved