Breaking News:

Berita Pidie

Dinilai Membahayakan, YARA Minta Pj Bupati Tutup Tambang Emas Ilegal di Pidie

"Tambang emas ilegal di Pidie telah mengancam ekosistem dan membahayakan masyarakat sekitar," kata Ketua YARA Pidie, Junaidi...

Penulis: Muhammad Nazar | Editor: Nurul Hayati
For Serambinews.com
ILUSTRASI - Beko melakukan aktivitas tambang emas ilegal di Alue Saya Km 10, Gampong Keune, Kecamatan Geumpang Pidie, Selasa (20/4/2020). 

"Tambang emas ilegal di Pidie telah mengancam ekosistem dan membahayakan masyarakat sekitar," kata Ketua YARA Pidie, Junaidi, dalam rilis dikirim kepada Serambinews.com, Jumat (22/7/2022).

Laporan Muhammad Nazar I Pidie

SERAMBINEWS.COM, SIGLI - Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Pidie meminta Pj Bupati Pidie, Ir Wahyudi Adisiswanto MSi, untuk menutup seluruh tambang emas ilegal di wilayah Pidie.

Keberadaan tambang emas itu, dinilai sangat membahayakan masyarakat karena berpotensi terjadi bencana alam.

"Tambang emas ilegal di Pidie telah mengancam ekosistem dan membahayakan masyarakat sekitar," kata Ketua YARA Pidie, Junaidi, dalam rilis dikirim kepada Serambinews.com, Jumat (22/7/2022).

Untuk itu, kata Junaidi, Pj Bupati Pidie supaya menutup tambang ilegal tersebut demi keselamatan masyarakat.

Menurutnya, jika tambang ilegal tidak ditutup, maka penanganan tambang ilegal bisa diganti dengan tambang resmi dan berizin di bawah supervisi pemerintah supaya tidak membahayakan.

Tambang emas itu, kata Junaidi, harus dikelola secara resmi dengan menerapkan standar yang aman dan menguntungkan masyarakat.

" Atau dengan konsep tambang rakyat yang dimonitor dan didampingi tenaga ahli yang profesional," ujarnya

Menurutnya, jika tambang ilegal tersebut dibiarkan berlarut-larut yang hanya menguntungkan segelintir oknum, tapi dampaknya mengancam masyarakat.

Baca juga: Ramai Warga Luar Aceh Bekerja di Tambang Emas Ilegal di Geumpang, Diskertran Pidie Respon Begini

Apalagi penggunaan bahan mercuri yang berdampak pada tercemarnya air sungai sehingga membahaya makhluk hidup, termasuk manusia.

Dampak lainnya, katanya, penambangan emas illegal akan terjadi banjir, tanah longsor, perubahan iklim dan konflik satwa dengan manusia.

"Untuk penegakan hukum terhadap pelaku pertambangan emas ilegal harus dilakukan secara menyeluruh, tanpa tebang pilih," pungkasnya. (*)

Baca juga: Singgung Soal Kegunaan, Warren Buffett Ungkap Alasan Dirinya Lebih Pilih Perak ketimbang Emas

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved