Breaking News:

Internasional

Etidal Arab Saudi dan Telegram Hapus 1,9 Juta Konten Ekstremis Berbahasa Arab di Jaringan Online

Badan Global Memerangi Ideologi Ekstremis Arab Saudi dan platform pengiriman pesan Telegram menghapus sekitar 1,9 juta item online dari konten ekstrem

Editor: M Nur Pakar
Foto: Saudi Press Agency
Markas besar Etidal atau Badan Global Memerangi Ideologi Ekstremis Arab Saudi di Riyadh, 

SERAMBINEWS.COM, RIYADH - Badan Global Memerangi Ideologi Ekstremis Arab Saudi dan platform pengiriman pesan Telegram menghapus sekitar 1,9 juta item online dari konten ekstremis.

Inisiatif itu yang sudah dilakukan sejak awal tahun ini, diperkirakan 1,2 juta material dan tautan ekstremis dihapus dari 8 Juni sampai 12 Juli 2022.

Dilansir Arab News, Jumat (22/7/2022), Badan Memerangi Ekstremis Arab Saudi yang dikenal sebagai Etidal bekerjasama dengan Telegram.

Khususnya, dalam mencegah dan melawan kekerasan terorisme dan ekstremisme dengan meninjau konten online yang diposting dalam bahasa Arab.

Baca juga: Mufti Agung Arab Saudi Serukan Umat Muslim Bersatu Hadapi Ekstremisme

Kedua organisasi telah sepakat memperluas koordinasi untuk mendeteksi dan menghapus materi Arab yang mengagungkan terorisme.

Di antara item yang dihapus berupa file media, PDF, video, dan audio yang diunggah oleh grup di Telegram dan saluran Telegram publik yang menampung materi tersebut.

Perjanjian kerjasama bertujuan untuk melindungi pengguna platform dari konten ekstremis.

Sekaligus, pengaruh ideologis, dan upaya mengeksploitasi platform dalam memperdagangkan konten.

Pada 21 Februari 2022, Etidal dan Telegram mengumumkan kesepakatan untuk meningkatkan kerja sama dalam mengatasi masalah tersebut.(*)

Baca juga: Arab Saudi Luncurkan Forum Melawan Ekstremisme dan Ideologi Milisi Houthi

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved