Breaking News:

Rektor UIN Ar Raniry

BREAKING NEWS: Sah! Prof Dr Mujiburrahman Dilantik Sebagai Rektor UIN Ar-Raniry

Prof Dr Mujiburrahman MAg, akhirnya sah menjadi Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh setelah dilantik oleh Menteri Agama...

Penulis: Subur Dani | Editor: Eddy Fitriadi
SERAMBINEWS/FOR SERAMBINEWS.COM
Prof Dr Mujiburrahman MAg. BREAKING NEWS: Sah! Prof Dr Mujiburrahman Dilantik Sebagai Rektor UIN Ar-Raniry. 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Prof Dr Mujiburrahman MAg, akhirnya sah menjadi Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh setelah dilantik oleh Menteri Agama (Menag), H Yaqut Cholil Qoumas di Kementerian Agama di Jakarta, Kamis (28/7/2022).

Informasi yang dihimpun Serambinews.com, pelantikan berlangsung secara tertutup untuk kalangan terbatas di Kantor Kementerian Agama di Jakarta.

Prof Mujiburrahman sendiri saat dilantik didampingi istri, Sofiatuddinsyah SE. Turut hadir sejumlah kolega dan para tim pendukungnya dari UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Informasi Prof Mujiburrahman akan dilantik sebagai Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh mulai beredar sejak kemarin. Namun, Prof Dr Mujiburrahman MAg sempat meluruskan informasi tersebut lantaran kemarin Ia belum menerima surat undangan dari kementerian.

Berikut profil singkat Prof Dr Mujiburrahman MAg yang dilantik sebagai Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Prof Dr Mujiburrahman MAg merupakan putra Aceh Besar kelahiran Lambirah, pada 8 September 1971. Ia adalah Guru Besar Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry.

Sebelumnya Mujib juga sempat menjabat sebagai dekan di fakultas tersebut. Selain sebagai akademisi UIN Ar-Raniry, Prof Mujiburrahman juga aktif sebagai konsultan Pusat Kajian Pendidikan dan Masyarakat (PKPM) Aceh.

Dilansir uin.ar-raniry.ac.id, jabatan fungsional terakhir yang diraih Prof Dr Mujiburrahman MAg adalah Lektor Kepala kum 658,50 yang diraih pada 1 Desember 2015.

Mujiburrahman meraih gelar tertinggi di perguruan tinggi ini berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 115594/mpk/kp/2020 Tentang Kenaikan jabatan akademik/fungsional dosen.

Dalam surat yang ditandatangani pada tanggal 19 November 2020 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim, disebutkan bahwa terhitung mulai tanggal 1 Agustus 2020 Prof Mujiburrahman dinaikkan jabatannya menjadi Profesor/Guru Besar dalam bidang ilmu Pemikiran Pendidikan Islam dengan angka kredit sebesar 865.

Prof Mujiburrahman yang pernah menjadi Kepala Lembaga Penelitian dan Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Ar-Raniry ini, memulai pendidikan perguruan tingginya pada S1 Prodi PAI Fakultas Tarbiyah UIN Ar-Raniry tahun 1995.

Kemudian Ia melanjutkan S2 Studi Pendidikan Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2000 dan S3 pada Universitas Utara Malaysia tahun 2010.

Saat mendaftar Calon Rektor UIN Ar-Raniry beberapa waktu lalu, Prof Mujiburrahman mengatakan visinya adalah memajukan pendidikan dengan cara mengaktifkan fungsi kampus UIN Ar-Raniry sebagai transmisi keilmuan dan pusat pengembangan dan pencerahan peradaban.

Prof Mujib ingin mewujudkan UIN Ar-Raniry yang Unggul, Inovatif, Nasionalis, Agamis, dan Responsif (UINAR).(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved