Breaking News:

Kajian Islam

Bulan Muharram sebagai Momentum Muhasabah Diri, Simak Penjelasan Tgk Akmal Abzal

“Sebagai warga Aceh, kita telah melalui tiga momentum besar yang pernah menjadi sejarah membekas dalam memori kita dan patut di petik hikmah besar,"

Penulis: Agus Ramadhan | Editor: Ansari Hasyim
FOR SERAMBINEWS.COM
Pimpinan LPI Al Anshar Lambaro, Tgk Akmal Abzal 

Bulan Muharram sebagai Momentum Muhasabah Diri, Simak Penjelasan Tgk Akmal Abzal

SERAMBINEWS.COM - Muharram sebagai awal bulan hijriah dalam kalender Islam merupakan momentum terbaik dalam mengevaluasi diri dalam bentuk otokritik diri menuju kehidupan lebih baik dari tahun sebelumnya.

Hidup penuh warna dan dinamika adalah keniscayaan sebagai makhluk sosial namun upaya muhasabah diri perlu dilakukan sebagai media perbaikan diri.

“Sebagai warga Aceh, kita telah melalui tiga momentum besar yang pernah menjadi sejarah membekas dalam memori kita dan ketiganya patut di petik hikmah besar,” ungkap Pimpinan LPI Al Anshar Lambaro, Tgk Akmal Abzal.

Pertama, kata dia, konflik antara GAM dan Republik Indonesia yang menguras banyak korban tak terkeculia harta dan nyawa.

Konflik panjang telah usai dan perdamaian telah terajut. Yang menjadi soal, hingga kapan suasana damai ini akan langgeng? Kapan pula  kemakmuran bisa dinikmati oleh masyarakat korban dan untuk siapa hakikat MoU Helsinki ini.

Baca juga: Gubernur Mekkah Serahkan Kiswah ke Penjaga Senior Kabah, Dipasang Pada 1 Muharram 1444 H

Pertanyaan ini tentu perlu dijawab oleh para pihak dengan tindakan nyata bukan dengan perang opini dan adu asumsi apalagi saling memberi harapan palsu.

Kedua gempa bumi dan tsunami. Bencana alam maha dasyat ini telah membuat penghuni planet bumi terenyuh untuk berempati dalam semangat kemanusiaan melampaui batas negara, suku dan agama.

Bukankah bencana alam ini pula yang mengawali perubahan drastis tatanan hidup masyarakat Aceh dari eklusif berobah inklusif di berbagai hal.

Kematian dan kehilangan harta tak terkira dan seluruh masyarakat Aceh diberi status sebagai korban atau terdampak.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved