Breaking News:

Pemilu 2024

Tangkal Hoaks, Panwaslih Aceh Ajak Media Kolaborasi Awasi Pemilu 2024

Partai politik berbasis nasional akan mendaftar di KPU RI. Sedangkan Partai Politik Lokal (parlok) akan mendaftar di KIP Aceh.

Penulis: Masrizal Bin Zairi | Editor: Taufik Hidayat
Serambinews.com
Ketua Panwaslih Aceh Faizah didampingi anggota Panwaslih lainnya menjelaskan peran dan tugas pihaknya dalam acara diskusi media yang bertajuk ‘Kolaborasi dan Peran Media dalam Pengawasan Tahapan Pemilu Tahun 2024’ di Hotel Kyriad Muraya Banda Aceh, Selasa (2/8/2022). 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh mengajak insan pers melakukan kolaborasi untuk mengawasi pelaksanaan Pemilu 2024. Pengawasan ini penting dilakukan untuk menghindari pelanggaran dan menangkal informasi hoaks yang dilakukan peserta Pemilu.

“Kami Panwaslih Provinsi Aceh dengan komando Bawaslu RI sudah siap bergerak mengawal tahapan Pemilu 2024 sesuai dengan tugas pokok kami,” kata Ketua Panwaslih Aceh Faizah dalam acara diskusi media yang bertajuk ‘Kolaborasi dan Peran Media dalam Pengawasan Tahapan Pemilu Tahun 2024’ di Hotel Kyriad Muraya Banda Aceh, Selasa (2/8/2022).   

Selain Faizah, dalam pertemuan itu juga hadir anggota Panwaslih lain yaitu Marini, Nyak Arief Fadhillah Syah, dan Naidi Faisal, serta Kepala Sekretariat, Rinaldi Aulia.

Faizah mengatakan, sejak diumumkan jadwal dan tahapan Pemilu oleh KPU RI, Bawaslu RI sudah menyatakan kesiapan untuk melaksanakan pengawasan dengan melakukan Apel Siaga secara serentak di seluruh Indonesia.

Pihaknya akan melakukan pengawasan sejak pendaftaran Partai Politik Peserta Pemilu. Sebagaimana diketahui, partai politik berbasis nasional akan mendaftar di KPU RI. Sedangkan Partai Politik Lokal (parlok) akan mendaftar di KIP Aceh.  

“Sejak Senin kemarin sudah ada jadwal pendaftaran parpol peserta pemilu. Dilevel Provinsi Aceh agak sedikit berbeda dengan provinsi lain karena kami juga bertugas mengawal pendaftaran parlok,” ungkap dia.

Panwaslih Aceh, kata Faizah, sudah menyiapkan tim untuk melakukan pengawasan saat verifikasi administrasi dan verifikasi faktual partai politik peserta Pemilu. Menurut Faizah, pihaknya akan mengecek identitas anggota partai melalui Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) masing-masing partai.  

“Kalau ada partai lokal yang mendaftar ke KIP Aceh, kami juga akan dihadir disana dengan membawa akun Sipol partai masing-masing.  Kami bertugas dengan menggunakan Perbawaslu terkait Pengawasan dan sesuai alat kerja yang kami miliki,” ungkap dia.

Di sisi lain, Faizah juga mengajak masyarakat dan elemen sipil lainnya untuk sama-sama mengawal proses Pemilu mendatang agar berjalan demokratis. Selain itu ia juga berharap masyarakat tidak terpengaruh dengan informasi hoaks dan berani melawan politik SARA.(*)

Baca juga: Pendaftaran Partai Lokal Calon Peserta Pemilu 2024 Dibuka 1 Hingga 14 Agustus

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved