Breaking News:

Berita Banda Aceh

Atasi Penurunan Layanan di Simeulue, Telkom Aceh Siapkan Teknologi Satelit dan Radio IP

putusnya kabel menyebabkan penurunan kualitas dan gangguan pada trafik layanan TelkomGroup baik fixed maupun mobile di wilayah Kabupaten Simeulue.

Atasi Penurunan Layanan di Simeulue, Telkom Aceh Siapkan Teknologi Satelit dan Radio IP

Laporan Hari Teguh Patria

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Layanan TelkomGroup di wilayah Kabupaten Simeulue dan sekitarnya mengalami penurunan kualitas pada Selasa, 2 Agustus 2022 sejak pukul 07.06 WIB.

Penurunan kualitas layanan ini disebabkan putusnya kabel fiber optic segmen laut milik Telkom pada titik 23,8 km lepas pantai Bakongan tepatnya di palung laut antara Bakongan ke Pulau Simeulue, diduga akibat dampak dari bencana alam gempa yang terjadi pada hari yang sama pukul 04.17 WIB.

General Manager Telkom Aceh, Teuku Fauzan kepada Serambinews.com, Rabu (3/8/2022) mengatakan, putusnya kabel menyebabkan penurunan kualitas dan gangguan pada trafik layanan TelkomGroup baik fixed maupun mobile di wilayah Kabupaten Simeulue.

Baca juga: Mendorong Penggunaan Teknologi bagi Pelaku UMKM, Pemko Banda Aceh dan PT Telkom Berkolaborasi

"Saat ini, tim terus mempercepat upaya perbaikan layanan. Kami pun tengah menyiapkan contingency plan untuk layanan backup sementara dengan menggunakan teknologi satelit dan Radio IP,” ujar Teuku Fauzan.

Mengingat jadwal pelayaran kapal dan keselamatan pelayaran menuju Kabupaten Simeulue, untuk pengiriman perangkat antena komunikasi satelit beserta personilnya akan diupayakan dapat diselesaikan pada Minggu ke-2 bulan Agustus 2022.

Untuk via jalur Radio IP akan diupayakan selesai pada Minggu ke-1 bulan September 2022. Sedangkan untuk perbaikan jalur utama via kabel fiber optic segmen laut, sampai dengan saat ini masih dilakukan proses mitigasi dan dalam penyusunan rencana kerja oleh tim teknis.

Baca juga: Ternak di Dua Kecamatan Masih Aman, Vaksinasi PMK di Aceh Barat Capai 74,6 Persen

Lebih lanjut Teuku Fauzan menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pelanggan yang terdampak. “Atas nama manajemen, kami memohon maaf untuk ketidaknyamanan yang dirasakan pelanggan. Tentunya kejadian ini adalah hal yang tidak diinginkan oleh siapapun termasuk Telkom. Untuk saat ini kami fokus pada peningkatan kualitas layanan yang menjadi prioritas utama agar dapat kembali hadir melayani masyarakat Kabupaten Simeulue dengan sebaik-baiknya,” demikian Fauzan. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved