Breaking News:

Senam Pijat Oksitosin

Dukung ASI Eksklusif, Ratusan Orang Ikut Senam Pijat Oksitosin di Blang Padang Banda Aceh

pijat oksitosin adalah pijatan yang dilakukan di punggung, tepatnya di sepanjang tulang belakang sebagai upaya melancarkan keluarnya ASI...

Editor: Eddy Fitriadi
Dok AIMI Aceh
Ratusan masyarakat Kota Banda Aceh mengikuti Senam Pijat Oksitosin yang diselenggarakan oleh Asosiasi Ibu Menyusui (AIMI) daerah Aceh di Blang Padang. Dukung ASI Eksklusif, Ratusan Orang Ikut Senam Pijat Oksitosin di Blang Padang Banda Aceh. 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Ratusan masyarakat Kota Banda Aceh mengikuti Senam Pijat Oksitosin yang diselenggarakan oleh Asosiasi Ibu Menyusui (AIMI) daerah Aceh di Blang Padang.

Kegiatan ini dalam rangka menyemarakkan Pekan Menyusui Dunia (PMD) 2022 yang jatuh pada 1-7 Agustus 2022.

PMD tahun ini mengusung tema Berperan Lebih untuk Menyusui: Mendukung dan Mengedukasi.

Ketua Panitia PMD 2022, Imam Maulana dalam rilis yang diterima Serambinews.com, Senin (8/8/2022) mengatakan pijat oksitosin adalah pijatan yang dilakukan di punggung, tepatnya di sepanjang tulang belakang sebagai upaya melancarkan keluarnya ASI dari payudara ibu menyusui.

Oleh karena itu, teknik ini dapat menjadi satu solusi ibu menyusui yang mengeluhkan ASI sedikit atau tidak lancar, dan hanya membutuhkan waktu 3 menit saja. Peran suami sangat penting yaitu dengan memberikan pijatan kepada sang Ibu.

“Kami berharap, lebih banyak ibu yang berhasil menyusui bayinya dengan baik dan dengan durasi yang lebih panjang, namun hal ini cukup menantang karena pemahaman ibu yang rendah dan pengaruh industri susu formula yang menyebabkan para orangtua terjebak dalam kampanye industri,” kata dr Niken Asri Utami SpOG (K) yang merupakan Ketua AIMI Aceh.

“Edukasi menyusui harus terus dilakukan dengan berbagai cara yang menarik, Senam Pijat Oksitosin salah satunya, yang tidak hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga keterampilan dengan harapandapat dilakukan dirumah oleh Ibu dan Ayah,” tambah Imam Maulana, Ketua Panitia PMD 2022.

“Senam Pijat Oksitosin ini sangat menarik, kita coba rencanakan untuk dilakukan juga di Poltekkes Kemenkes Provinsi Aceh nantinya dengan berkolaborasi bersama AIMI Aceh,” tutur Dr Aripin Ahmad Ketua Jurusan Gizi Politeknik Kesehatan Kemenkes Provinsi Aceh, yang juga turut hadir bersama mahasiswa untuk memeriahkan acara tersebut.

Kegiatan Senam Pijat Oksitosin diikuti oleh 300 peserta dan tamu undangan dari Persit Kartika Chandra Kirana Iskandar Muda, Dinas Kesehatan Aceh, UNICEF Perwakilan Aceh, Flower Aceh, Fakultas Kedokteran USK, Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), Dompet Dhuafa, Poltekkes Kemenkes Aceh, Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI), PPDS dan Dokter Muda FK USK, CIMSA FK USK, dan Komunitas Rakan Kreatif.

Selain Senam Pijat Oksitosin, kampanye PMD 2022 disemarakkan dengan kegiatan pawai, penyuluhan ke desa-desa, dialog media massa, dan membuka layanan konsultasi bumil dan busui, layanan pemeriksaan kesehatan gratis, dan booth edukasi kode etik internasional pemasaran susu formula.

AIMI adalah organisasi nirlaba dengan tujuan menyebarluaskan pengetahuan dan informasi tentang menyusui serta meningkatkan angka ibu menyusui di Indonesia.

AIMI Aceh memiliki tanggung jawab untuk menjadi penggerak utama meningkatkan angka kesehatan Ibu dan Anak di Aceh, tentunya dengan kolaborasi lintas sektor.(rel/*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved