Breaking News:

Berita Aceh Jaya

Kasus PMK di Aceh Jaya Berkurang

Dari total 1.356 hewan ternak yang terjangkit PMK di Aceh Jaya, 1.210 ekor dinyatakan sembuh.

Penulis: Riski Bintang | Editor: Taufik Hidayat
FOR SERAMBINEWS.COM
Ketua Satgas PMK Aceh dr, Taqwallah, M.Kes di dampingi Kadis Peternakan Aceh Zalsufran, ST,M.Si, Kalak BPBA Dr.Ir.Ilyas, MP serta Tim Satgas PMK Aceh Jaya Meninjau pelaksanaan Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Gampong Padang Datar, Kecamatan Krung Sabee, Aceh Jaya, Minggu (31/7/2022) 

Laporan Riski Bintang | Aceh Jaya

SERAMBINEWS.COM, CALANG - Angka kesembuhan hewan ternak yang terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di kabupaten Aceh Jaya terus mengalami peningkatan.

Berdasarkan data yang diperoleh Serambinews.com, Selasa (9/8/2022) dari total 1.356 hewan ternak terjangkit sudah ada sebanyak 1.210 yang dinyatakan sembuh dari PMK.

Hal itu disampaikan Kabid Peternakan Dinas Pertanian kabupaten Aceh Jaya, Adeng kepada.

Menurutnya data tersebut merupakan data update pertanggal 7 Agustus 2022 lalu.

Adeng menjelaskan, dari jumlah yang terjangkit hanya empat ekor hewan ternak jenis sapi yang mati akibat virus tersebut.

Sementara itu, yang masih terjangkit virus PMK atau dalam masa pengobatan tersisa sebanyak 146 ekor hewan ternak. "Peningkatan kesembuhan sangat banyak, sisa yang sakit hanya 146," katanya.

Berbeda dengan beberapa waktu lalu, saat ini kecamatan Teunom lebih mendominasi atau dengan jumlah hewan ternak terbanyak yang tercatat mengidap PMK.

Sedangkan kecamatan Panga yang beberapa waktu lalu terus memuncak kasus PMK kini berstatus nihil kasus atau dari jumlah kasus 152 sama dengan angka kesembuhan dan hanya tiga ekor hewan ternak yang mati akibat PMK.

Sementara itu, walaupun memiliki jumlah kasus yang tidak terlalu banyak atau berada di urutan ke tiga setelah Teunom dan Darul Hikmah, kecamatan Setia Bakti menjadi kecamatan dengan jumlah hewan ternak masih terjangkit PMK terbanyak.

Untuk Setia Bakti sendiri, tercatat masih ada 44 hewan ternak yang terjangkit PMK dari jumlah kasus 170 dan 126 kasus sembuh.(*)

Baca juga: Sempat Dirawat di RS Jakarta, Bocah Penderita Bocor jantung Asal Aceh Jaya Meninggal Dunia

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved