Breaking News:

Mihrab

Daftar Khatib dan Imam Shalat Jumat di Aceh Besar Besok, Prof Fauzi Ingatkan Pentingnya Waktu

“Waktu merupakan rahasia Ilahi sebagai nikmat Allah yang besar, agar manusia dapat memanfaatkannya,” kata Prof Fauzi.

Penulis: Agus Ramadhan | Editor: Taufik Hidayat
For Serambinews.com
Prof Dr Fauzi Saleh MA 

Daftar Khatib dan Imam Shalat Jumat di Aceh Besar Besok, Prof Fauzi Ingatkan Pentingnya Waktu

SERAMBINEWS.COM, JANTHO – Guru Besar dalam bidang Ilmu Fiqih (Hukum Islam) pada Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof Dr Fauzi Saleh MA akan menyampaikan khutbah Jumat di Masjid Nurul Jadid, Gampong Lampeuneuen, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar, (12/8/2022), bertepatan dengan 14 Muharram 1444 Hijriah.

Dalam khutbah jumat nanti, dirinya akan menyampaikan tentang pentingnya kemampuan memanfaat waktu.

Ia mengatakan, bahwa dalam Alquran banyak surat diawali sumpah dengan waktu.

Isyarat ini menunjukkan pentingnya waktu dan kesuksesan ada dibalik kemampuan memanfaatkan waktu, misalnya dalam Quran surah al-Ashar, adh-Dhuha, al-Lail dan lainnya.

“Waktu merupakan rahasia ilahi sebagai nikmat Allah yang besar, agar manusia dapat memanfaatkannya,” kata Prof Fauzi.

Alumni Dayah MUDI Mekar Al-Aziziyah, Bekasi, Jawa Barat ini menambahkan, bahwa dalam sebuah hadis riwayat dari Abdullah bin ‘Abbas, Nabi saw bersabda, ada dua nikmat yang diabaikan yaitu kesehatan dan kesempatan.

Baca juga: Shalat Jumat di Masjid, Jangan Lupa Kerjakan Shalat Tahiyatul Masjid, Ini Niatnya dan Tata caranya

Kesehatan adalah nikmat Allah yang dengannya manusia dapat melakukan aktivitas lebih optimal. Oleh karena itu, kesehatan itu patut dijaga dan dimanfaatkan, baru terasa urgensitasnya ketika ia sudah tiada.

Menurut dia, waktu adalah kesempatan. Orang-orang yang sukses adalah mereka yang mampu memanfaatkan kesempatan ini dengan baik.

Artinya tidak ada waktu yang lewat dan sia-sia tanpa ada karya dan aktivitas yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Prof Fauzi akan menyampaikan secara lembih lanjut tentang pentingnya memanfaatkan waktu, yang akan disampaikannya pada khutbah Jumat besok di Masjid Nurul Jadid.

Islam telah mewajibkan bagi kaum laki-laki untuk melaksanakan Shalat Jumat. Hal itu sebagaimana dijelaskan dalam Al Quran Surah Al Jum'ah ayat 9:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا نُوْدِيَ لِلصَّلٰوةِ مِنْ يَّوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا اِلٰى ذِكْرِ اللّٰهِ وَذَرُوا الْبَيْعَۗ ذٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

Artinya: "Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan Shalat Jumat, maka bersegeralah kamu mengingat kepada Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui".

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved