Breaking News:

Berita Bireuen

Vaksin PMK di Bireuen Kosong, Banyak Ternak belum Tervaksin

Saat ini banyak masyarakat yang meminta agar ternak mereka divaksin, namun vaksin di Bireuen dalam keadaan kosong.

Penulis: Yusmandin Idris | Editor: Taufik Hidayat
SERAMBINEWS.COM/YUSMANDIN IDRIS   
Tenaga Keswan Bireuen suntik vaksin PMK terhadap sapi di kawasan Jeumpa Bireuen baru-baru ini 

Laporan Yusmandin Idris | Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN - Sejak beberapa hari lalu, vaksin untuk pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) untuk ternak di Bireuen kosong, bantuan 2000 dosis beberapa waktu lalu sudah habis. Banyak ternak belum divaksin, masyarakat sangat mengharapkan tambahan vaksin untuk mencegah PMK.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Bireuen, drh Liza Rozana kepada Serambinews.com, Rabu (10/08/2022) menyangkut ketersediaan vaksin untuk ternak.

Disebutkan, beberapa minggu lalu, Disnak dan Keswan Bireuen mendapat bantuan 2000 dosis vaksin ternak, bantuan tersebut sudah habis digunakan untuk penyuntikan ternak, realisasi sudah 100 persen atau dilakukan penyuntikan terhadap 2000 ekor ternak.

Saat ini katanya banyak masyarakat yang meminta agar ternak mereka divaksin, namun vaksin di Bireuen dalam keadaan kosong. 

“Ternak yang perlu disuntik vaksin masih banyak dan belum ada vaksin, kegiatan vaksinasi ke desa-desa terpaksa ditunda sementara waktu,” ujarnya.

Ditambahkan, permintaan masyarakat belum dapat dipenuhi dan menunggu bantuan vaksin dari dinas terkait dari Provinsi Aceh.

Kadisnak dan Keswan Bireuen menambahkan, hingga saat ini sebanyak 3019 ekor ternak bergejala PMK, sebagian besar sudah sembuh. “Dari jumlah 3.019 ekor dugaan PMK, sebanyak 3.032 ekor sapi sudah sembuh,” ujarnya.

Tindakan yang sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu mulai dari sosialisasi kepada peternak, mengobati ternak yang sakit dan juga memberi vitamin. Kemudian dilakukan vaksinasi bagi ternak yang belum sakit.

Dari kegiatan vaksinasi sebanyak 2.000 ekor ternak sudah divaksin, namun masih banyak ternak  belum dilakukan penyuntikan vaksin karena vaksinnya kosong di Bireuen.

Kadisnak dan Keswan Bireuen menambahkan, walaupun vaksin dalam keadaan kosong, tenaga kesehatan hewan dari Puskeswan terus turun ke desa-desa melakukan sosialisasi menyangkut upaya pencegahan PMK.(*)

Baca juga: Di Tengah Wabah PMK, Masyarakat Diminta Tak Ragu Konsumsi Daging: Tidak Menular pada Manusia

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved