Breaking News:

Video

VIDEO KIP Kota Langsa Perkenalkan Aplikasi SIPOL kepada Parpol Peserta Pemilu

Partai politik diminta memantau seluruh proses tahapan pendaftaran hingga penetapan peserta Pemilu tahun 2024, yang akan termonitor di Aplikasi SIPOL.

Penulis: Zubir | Editor: Hari Mahardhika

Laporan Zubir | Langsa

SERAMBINEWS.COM, LANGSA - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Langsa, Rabu (10/8/2022) malam menggelar sosialisasi Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) RI Nomor 4 Tahun 2022 tentang pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik peserta pemilihan umum anggota DPR dan DPRD kepada partai politik (parpol) di ruang rapat kantor setempat.

Sosialisi ini dihadiri Ketua KIP Kota Langsa, T Faisal, dan 4 komisioner, Sukri, Ridwan, Samsul Bahri, Marzuki, Kepala Kesbangpol, Zulhadisyah Sulaiman, Sekretaris KIP Kota Langsa, Muhammad Dahlan.

Kemudian hadir para pimpinan maupun utusan partai politik nasional (parnas) dan partai politik lokal (parlok) serta para undangan lainnya.

Ketua KIP Kota Langsa, T Faisal, menyampaikan, sosialisasi ini merupakan kegiatan awal dengan tujuan agar tidak terjadi kesalahan dalam proses pendaftaran, verifikasi administrasi dan faktual terhadap bakal calon DPR Aceh maupun DPR Kabupaten/Kota Tahun 2024 serta parpol peserta Pemilu.

Dalam paparannya, komisioner Samsul Bahri, menegaskan bahwa tugas KIP kabupaten/kota dalam tahapan pendaftaran parpol meliputi proses verifikasi faktual.

Sedangkan untuk verifikasi administrasi KPU Kabupaten/kota dapat dilaksanakan atas perintah KPU-RI berdasarkan temuan di aplikasi SIPOL.

Maka partai politik diminta untuk memantau seluruh proses tahapan pendaftaran hingga penetapan peserta Pemilu tahun 2024, yang akan termonitor dalam aplikasi SIPOL. (*)

Narator: Syita
Editor: Hari Mahardhika

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved