Breaking News:

Berita Kutaraja

PLN Teken Pembiayaan Energi Terbarukan PLTM Pantan Cuaca Galus Berdaya 4,5 MW

PLTM Pantan Cuaca berlokasi di Gayo Lues (Galus) yang berkapasitas 4,5 Megawatt (MW), dengan nilai investasi sebesar Rp 160 miliar.

Penulis: Muhammad Nasir | Editor: Saifullah
For Serambinews.com
General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Aceh, Parulian Noviandri dan Direktur Utama PT Hidro Jaya Konstruksi, Baek Seunghwan, saat penandatanganan berita acara financial date Pembangkit Listrik Tenaga Mikro (PLTM) Pantan Cuaca dengan PT Hidro Jaya Konstruksi, Jumat (12/8/2022). 

Laporan Muhammad Nasir | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - PLN melaksanakan penandatanganan berita acara financial date Pembangkit Listrik Tenaga Mikro ( PLTM) Pantan Cuaca dengan PT Hidro Jaya Konstruksi pada Jumat (12/8/2022).

PLTM Pantan Cuaca'> PLTM Pantan Cuaca berlokasi di Gayo Lues (Galus) yang berkapasitas 4,5 Megawatt (MW), dengan nilai investasi sebesar Rp 160 miliar.

Pembelian tenaga listrik dari PLTM Pantan Cuaca'> PLTM Pantan Cuaca 4,5 MW ini akan memberikan potensi penghematan  PLN sebesar Rp 10,4 Miliar per tahun, terhadap BPP Aceh sesuai Keputusan Menteri BPP PLN Tahun 2020.

General Manager (GM) PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Aceh, Parulian Noviandri menyebutkan, jika PLTM sudah berjalan, akan ada pergantian penggunaan bahan bakar fosil ke energi terbarukan.

Parulian juga berharap, pengoperasian PLTM Pantan Cuaca'> PLTM Pantan Cuaca dapat segera terealisasi.

Sehingga PLN dapat menekan biaya operasi yang saat ini untuk mengoperasikan mesin sewa selama satu bulan dibutuhkan sekitar 510.000 liter minyak, dengan menghasilkan 1,8 Juta Kwh.

Baca juga: Gubernur Aceh Tinjau PLTM Krueng Isep di Nagan Raya

Ke depannya, mesin PLTD Rema milik PLN dapat berperan sebagai penyuplai daya cadangan untuk Gayo Lues, yang berefek baik pada mesin-mesin kepunyaan PLN tersebut.

“Kehadiran PLTM ini 4,5 MW ini memang ditunggu. Pembakaran minyak fosil memang paling cepat tetapi mahal secara oprasional, ditambah harga bakar fosil mahal,” urai dia.

“Apabila PLTM Pantan Cuaca'> PLTM Pantan Cuaca 4,5 MW berproses, maka akan menswitch dari sebelumnya bahan bakar fosil ke energi terbarukan,” ujarnya.

Konstruksi PLTM Pantan Cuaca'> PLTM Pantan Cuaca telah dimulai pada Mei dan diharapkan siap pada 1 Agustus.

Namun target diundur ke bulan September agar kondisi lebih siap dan dapat berjalan lancar.

“Sudah dimulai konstruksi pada bulan Mei, kami akan berusaha selesaikan konstruksi dengan mengutamakan keselamatan dan peduli lingkungan,” Ucap Baek Seunghwan, Direktur Utama PT Hidro Jaya Konstruksi.

Sebelumnya, PT Hidro Jaya Konstruksi telah ditetapkan sebagai pemenang lelang kuota PLTM Tersebar 4,5 MW di Gayo Lues yang dilaksanakan oleh PLN UIW Aceh.

Baca juga: Ini Ancaman Hukuman Tersangka Pencurian Turbin PLTMH Putri Betung Gayo Lues, Kerugian Rp 70 Juta

Dicanangkan, proyek ini akan siap pada tahun 2024 mendatang.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved