Breaking News:

HUT ke 77 RI

Besok, Naskah Asli Teks Proklamasi Akan Disandingkan dengan Bendera Pusaka di Istana Merdeka

Naskah asli teks proklamasi yang ditulis tangan oleh Ir Soekarno tersebut akan kembali hadir dan disandingkan dengan bendera pusaka pada 17 Agustus.

Penulis: Agus Ramadhan | Editor: Firdha Ustin
YT Sekretariat Presiden
Naskah asli teks proklamasi yang ditulis tangan oleh Ir Soekarno tersebut akan kembali hadir dan disandingkan dengan bendera pusaka dalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, pada 17 Agustus 2022 

Besok, Naskah Asli Teks Proklamasi Akan Disandingkan dengan Bendera Pusaka di Istana Merdeka

SERAMBINEWS.COM – Dalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, pada Rabu 17 Agustus 2022, naskah asli teks proklamasi akan disandingkan dengan Bendera Pusaka di Istana Negara.

Sekretariat Presiden (Setpres) telah melakukan serah terima naskah asli teks proklamasi pada Selasa (16/8/2022) di Gedung Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Naskah asli teks proklamasi yang ditulis tangan oleh Ir Soekarno tersebut akan kembali hadir dan disandingkan dengan bendera pusaka dalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, pada 17 Agustus 2022 besok.

Baca juga: Daftar Promo Diskon Besar-besaran 17 Agustus, Mulai dari JCO hingga Pizza Hut Beli 1 Gratis 1

 "Ini adalah tahun ketiga Setpres bekerja sama dengan ANRI dengan tujuan untuk menghadirkan dan menyandingkan naskah proklamasi tersebut dengan bendera pusaka di Istana Merdeka pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia Tahun 2022," ujar Kepala Biro Administrasi Sekretariat Presiden Sony Kartiko dalam sambutannya.

Sony menjelaskan bahwa tim dari ANRI telah melakukan penilaian terhadap kondisi ruang penyimpanan naskah di Istana Merdeka, mulai dari suhu ruangan hingga tingkat kelembapan.

Hal itu penting dilakukan mengingat naskah asli teks proklamasi tersebut merupakan bukti sejarah perjuangan bangsa yang memiliki nilai yang sangat berharga bagi bangsa Indonesia.

"Alhamdulillah ruangan di Istana Merdeka telah memenuhi syarat untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan sementara naskah proklamasi tersebut," ucap Sony.

Baca juga: Merinding! Ini 5 Rekomendasi Film Tentang Kemerdekaan Indonesia, Cocok Nobar Jelang 17 Agustus 2022

Selain itu, Setpres juga telah mengikuti proses penilaian risiko yang dilakukan oleh ANRI secara berkala setiap tahunnya sebagai upaya dari ANRI untuk menjaga memori kolektif bangsa.

Sony pun yakin dokumen negara berupa naskah asli Teks Proklamasi tulisan tangan Bung Karno yang diserahterimakan pada hari ini dalam kondisi terawat dengan baik.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved